• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 2 Desember 2022

Tapal Kuda

Jelang Satu Abad NU, Kader Ansor Diminta Kawal Peradaban Dunia

Jelang Satu Abad NU, Kader Ansor Diminta Kawal Peradaban Dunia
Peringatan Harlah ke-96 NU oleh PAC GP Ansor Wonomerto, Kabupaten Probolinggo. (Foto: NOJ/ Siti Nurhaliza)
Peringatan Harlah ke-96 NU oleh PAC GP Ansor Wonomerto, Kabupaten Probolinggo. (Foto: NOJ/ Siti Nurhaliza)

Probolinggo, NU Online Jatim

Ketua Pimpinan Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Kabupaten Probolinggo, H Misbahul Munir mengatakan, bahwa kader Ansor hendaknya terus mengawal peradaban dunia dalam menyongsong satu abad Nahdlatul Ulama.

 

"Sebagai kader Ansor, kita wajib menjaga gerakan ini dan tidak ada kata cerai berai," katanya saat peringatan Hari Lahir (Harlah) ke-96 NU yang digelar Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Wonomerto, Kabupaten Probolinggo. Kegiatan itu dipusatkan di Pondok Pesantren Miftahul Ulum, Desa Tunggak Cerme, Kecamatan Wonomerto, Kabupaten Probolinggo, Jumat (04/02/2022) malam.

 

Hal demikian perlu dilakukan  karena peran kiai dan ulama NU untuk bangsa Indonesia sangatlah besar. Menurutnya, kiai dan ulama NU tersebut berada di garda terdepan atas berdirinya bangsa Indonesia.

 

“Apalagi saat diproklamirkannya resolusi jihad yang dipelopori oleh Hadratussyaikh KH M Hasyim Asy'ari,” imbuhnya.

 

Untuk itu, ia mengajak kepada kader Ansor agar senantiasa bersyukur kepada Allah SWT, dan berterima kasih atas wasilah terwujudnya kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dari kolonial penjajah Belanda dan Jepang.

 

“Kader GP Ansor, Majelis Dzikir dan Shalawat (MDS) Rijalul Ansor, Banser, dan lainnya harus terus menjaga dan merawat NKRI seutuhnya,” ungkap Munir.

 

Ia pun menyebutkan, setiap kali dirinya ke Kecamatan Wonomerto, dirinya selalu merasakan hal yang luar biasa. Tentu, hal tersebut karena kekompakan dan soliditas kader Ansor setempat dalam setiap kegiatan ataupun program yang dicanangkan.

 

"Setiap kali ke (Kecamatan) Wonomerto, magnetnya luar biasa," ungkap Munir saat sambutan.

 

Sementara itu, Penasihat PC GP Ansor Kabupaten Probolinggo, Muchlis menyampaikan, bahwa acara ini bagian ikhtiar untuk mengenalkan NU dan GP Ansor kepada masyarakat umum. Bahwa, pesantren merupakan pencetak kader NU dan relasi pesantren dengan NU demikian erat.

 

"Salah satu pondok pesantren yang berada di bawah naungan LP Ma’arif NU Kabupaten Probolinggo seperti Miftahul Ulum ini wajib kita dukung agar menjadi rekomendasi terbaik bagi anak-anak kita menimba ilmu," ajaknya.

 

Diketahui, acara ini sengaja diletakkan di salah satu pondok pesantren di kecamatan setempat. Hal tersebut untuk mengenalkan pada masyarakat umum, bahwa pesantren merupakan pencetak kader NU terbesar.


Tapal Kuda Terbaru