• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 19 Agustus 2022

Tapal Kuda

Kader Lakmud Lumajang Diharapkan Jadi Roda Penggerak Organisasi

Kader Lakmud Lumajang Diharapkan Jadi Roda Penggerak Organisasi
Peserta IPNU dan IPPNU saat melakukan presentasi kepada para peserta lain. (Foto: NOJ/Imam)
Peserta IPNU dan IPPNU saat melakukan presentasi kepada para peserta lain. (Foto: NOJ/Imam)

Lumajang, NU Online Jatim
Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kabupaten Lumajang sudah dilatih dalam ajang Latihan Kader Muda (Lakmud) di Korcam Timur (zona timur) dengan jumlah peserta kurang lebih 16 orang. Kader ini disaring melalui tahapan yang sangat ketat, terutama yang sudah mengikuti Makesta. Kegiatan ini difokuskan di MI Asy-Syafi’iyah Kecamatan Tekung, Kabupaten Lumajang, Jumat-Ahad (24-25/06/2022).

 

Ketua Pelaksana, Rendik Firmansyah mengatakan bahwa nantinya kader yang sudah dikaderisasi agar bisa melaksanakan tanggung jawabnya sesuai dengan kadar dan waktu Rencana Tindak Lanjut (RTL) yang diberikan oleh para pelatih.

 

“Kaderisasi itu bukan ajang tempat senang-senang saja. Tetapi lebih mendasar dan intinya untuk menghidupkan sebuah ruh organisasi dan tentang kualitas serta kuantitas para kader dalam menjalankan arah gerak jalannya organisasi,” kata Firmansyah, Senin (27/06/2022).

 

Dirinya juga meminta agar para kader bisa menjadi roda penggerak di masing-masing PAC atau wilayahnya. Karena sekarang banyak anggota tetapi masih awam tentang ruh dalam pelatihan kaderisasi.

 

“Agar mereka dapat membangun latihan kader muda di wilayah masing-masing yang terkhusus pada anggota yang di zona utara karena jauh jangkauan dari PC yang letaknya di pusat kota. Semoga kader di zona utara lebih banyak lagi,” tambahnya.

 

Selain itu ada juga jargon atau slogan yang selalu digaungkan di setiap kegiatan Lakmud yakni ‘Kaderisasi Lumajang, Siap Mengkader, Siap Dikader’.

 

“Jargon inilah yang membakar semangat para pelatih dan peserta untuk sama-sama mewujudkan kaderisasi di Lumajang,” tangkasnya.

 

Firman berharap kepada semua peserta agar kaderisasi yang dijalankan tidak berhenti dan harus niak ke jenjang berikutnya.

 

“Pengkaderan angkatan 2022, tidak sampai hanya pada momen ini saja tapi bisa masuk ke jenjang-jenjang yang lebih tinggi lagi. Dan karena ini berbicara masalah kaderisasi saya harap RTL yang diberikan oleh panitia pada peserta Lakmud bisa dijalankan dengan baik sesuai dengan tempo yang sudah kami berikan,” harapnya.


Tapal Kuda Terbaru