• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 15 Agustus 2022

Matraman

Rutin, Ratusan Pelajar Nahdliyin di Nganjuk Ikut Lakmud

Rutin, Ratusan Pelajar Nahdliyin di Nganjuk Ikut Lakmud
Para siswa-siswi yang mengikuti kegiatan kaderisasi Lakmud. (Foto: NOJ/PAC IPNU-IPPNU Baron)
Para siswa-siswi yang mengikuti kegiatan kaderisasi Lakmud. (Foto: NOJ/PAC IPNU-IPPNU Baron)

Nganjuk, NU Online Jatim

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Baron, Kabupaten Nganjuk bertekad mensukseskan program kaderisasi di tingkat komisariat hingga ranting. Organisasi pelajar Nahdliyin ini telah menggelar kegiatan Latihan kader muda (Lakmud) di Madrasah Aliyah (MA) Al-Hidayah Termas, Desa Jekek, Kecamatan Baron. Ratusan siswa-siswi MA Al-Hidayah mengikuti kegiatan Lakmud tersebut mulai Selasa hingga Kamis (14-16/06/2022).

 

Ketua IPNU Baron, M Irfanudin Zuhri membeberkan tujuan digelarnya kegiatan kaderisasi ratusan pelajar Nahdliyin di MA Al-Hidayah Termas tersebut untuk melakukan pengkaderan di tingkat yang lebih tinggi.

 

“Kami sengaja melatih kader-kader yang pernah ikut Makesta ke jenjang pangkaderan tingkat selanjutnya, yakni di Lakmud,” beber M Irfanudin Zuhri kepada NU Online Jatim, Kamis (16/06/2022).

 

Dia mengungkapkan bahwa kegiatan kaderisasi untuk pelajar Nahdliyin ini menjadi sangat penting untuk terus dilaksanakan.

 

"Pelajar yang lulus Makesta diharapkan bisa melanjutkan pendidikan kaderisasi pada jenjang berikutnya. Karena Lakmud ini adalah penggemblengan dari tingkat Makesta,” ungkapnya.

 

Penanggung jawab gedung MA Al-Hidayah Termas, Wahyu Irvana mengungkapkan bahwa para siswa-siswi telah diwajibkan untuk mengikuti kegiatan kaderisasi tersebut di setiap jenjangnnya.

 

“Kebetulan tahun ini yang ikut Lakmud adalah siswa kelas 11 dan kelas 10. Karena dua angkatan, jadi total peserta sekitar 250-an. Dan semuanya sudah lulus Makesta kemudian dilanjutkan ikut Lakmud,” ujar Wahyu Irvana.

 

Ia berharap peserta Lakmud MA Al-Hidayah Termas ini ke depan dapat memahami dan menerapkan keilmuan yang didapatkannya.

 

“Sebab ketika anak-anak sudah lulus Aliyah, entah mau kuliah, kerja, nikah, mondok dan sebagainya itu harus memahami Aswaja An-Nahdiyah,” pungkasnya.


Matraman Terbaru