• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 28 September 2022

Metropolis

Lakmud IPNU-IPPNU di Sidoarjo Diharap Lahirkan Kader yang Istiqamah

Lakmud IPNU-IPPNU di Sidoarjo Diharap Lahirkan Kader yang Istiqamah
Kegiatan Lakmud oleh PAC IPNU-IPPNU Tulangan, Sidoarjo. (Foto: NOJ/ Maschan Yusuf)
Kegiatan Lakmud oleh PAC IPNU-IPPNU Tulangan, Sidoarjo. (Foto: NOJ/ Maschan Yusuf)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Tulangan, Sidoarjo menggelar Latihan Kader Muda (Lakmud). Kegiatan tersebut dipusatkan di Sekolah Dasar Tahfidz Qur'an (SDTQ) An Nafiiyah, Kenongo, Kecamatan Tulangan, Sidoarjo, Jum'at-Ahad (21-23/01/2022).

 

Pengkaderan kedua bagi pelajar NU itu mengusung tema 'Menciptakan Kader Militan yang Berjiwa Nasionalis, Sosialis dan Agamis'. Kegiatan ini diikuti 43 peserta delegasi Pimpinan Ranting (PR) IPNU-IPPNU di Kecamatan Tulangan dan daerah lain.

 

Ketua Pimpinan Cabang (PC) IPNU Sidoarjo, Hafidz Al Bastomi menyampaikan bahwa Lakmud ini merupakan ibarat jantung di dalam tubuh manusia. Oleh karena itu, para peserta diharapkan dapat menjadi jantung untuk menggerakkan elemen lain dalam sebuah organisasi.

 

“Maka, tonggak aktifnya sebuah organisasi diamanahkan kepada kalian yang sudah mengikuti Lakmud ini,” ujar pria yang juga pemilik usaha Albasthropy dan WajiiStore ini.

 

Ia pun berpesan, agar para peserta Lakmud dapat istiqomah dalam berproses di NU melalui IPNU IPPNU. Ia juga mengajak kepada seluruh pelajar NU untuk berani berkompetisi meningkatkan softskill dan hardskillnya guna meraih prestasi.

 

"Di era digital saat ini pelajar NU harus mampu menjawab tantangan zaman, yaitu dengan pandai mengaplikasikan teknologi," ujar Tomi, sapaan akrabnya.

 

Sementara itu, Ketua PAC IPNU Tulangan, M Toriq Amaludin menjelaskan bahwa selama ini kuantitas kader IPNU-IPPNU di Kecamatan Tulangan merupakan yang terbanyak se-Kabupaten Sidoarjo.

 

Menurutnya, hal ini merupakan sebuah tantangan untuk dapat mengelola dan merangkul kader agar kualitasnya semakin meningkat.

 

"Tantangan kita adalah bagaimana meningkatkan kualitas kader dengan memanfaatkan kuantitas kader yang banyak ini," imbuhnya.

 

Dirinya berharap, agar setelah mengikuti pelatihan peserta dapat mengimplementasikan ilmu dan pengalamannya di tengah masyarakat. Sebab, berkhidmah di NU bagi seseorang adalah tentang bagaimana untuk selalu istiqomah dalam belajar dalam semua aspek.

  

"Para peserta Lakmud ini adalah calon penerus kepengurusan IPNU-IPPNU nantinya, Untuk itu, melalui pelatihan ini mereka akan disiapkan untuk menjadi pemimpin dan diajarkan terkait manajemen organisasi yang baik," pungkasnya.


Metropolis Terbaru