• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 23 Mei 2022

Metropolis

Elemen NU di Sidoarjo Terus Bantu Pembangunan Mushala di Semeru

Elemen NU di Sidoarjo Terus Bantu Pembangunan Mushala di Semeru
Relawan NU Sidoarjo Peduli di lokasi pembangunan mushala bagi korban erupsi Semeru, Kabupaten Lumajang. (Foto: NOJ/Yuli Riyanto)
Relawan NU Sidoarjo Peduli di lokasi pembangunan mushala bagi korban erupsi Semeru, Kabupaten Lumajang. (Foto: NOJ/Yuli Riyanto)

Sidoarjo, NU Online Jatim

Proses pembangunan mushala bagi warga korban erupsi Gunung Semeru, yang diinisiasi oleh Nahdlatul Ulama (NU) Sidoarjo Peduli kini sudah berjalan sekitar 25 persen. Pembangunan mushala yang berlokasi di Dusun Kamarkajang, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, itu terus mendapatkan dukungan dari warga Nahdliyin di Kabupaten Sidoarjo.

 

Salah satunya dukungan dari Unit Pengelola Zakat, Infak, Shadaqah (UPZIS) Lembaga Amil, Zakat, Infak, dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kecamatan Tulangan yang hadir langsung di lokasi bencana sekaligus menyerahkan donasi untuk pembangunan mushala tersebut, Ahad (16/01/2022).

 

“Hari Ahad kami bersama beberapa pengurus LAZISNU Tulangan menyerahkan donasi sebesar 25 juta untuk tahap dua dan diterima oleh tim relawan yang berada di Posko NU Sidoarjo Peduli di Desa Sumberwuluh,” kata Jamali, Ketua UPZIS LAZISNU Tulangan, kepada NU Online Jatim, Selasa (18/01/2022).

 

“Donasi ini diperuntukkan pembangunan mushalla dan TPQ milik Ustadz Suyut, adapun donasi tahap pertama sebesar 10 juta sudah kami serahkan beberapa waktu lalu di Posko NU di Pronojiwo,” imbuhnya.

 

Dirinya berharap semoga para korban erupsi Gunung Semeru yang belum mendapatkan tempat tinggal tetap, baik yang masih tinggal bersama keluarganya maupun yang masih berada di pengungsian, segera mendapat tempat tinggal yang layak. Agar mereka segera dapat beraktivitas seperti sedia kala.

 

“Penggalangan donasi dimulai tanggal 5-20 Desember 2021, melalui open donasi via WA dan turun jalan bekerja sama dengan Pengurus Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor,  Barisan Ansor Serbaguna (Banser), Fatayat,  serta IPNU-IPPNU Tulangan. Donasi untuk semeru sebenarnya sudah kami tutup, namun demikian, barangkali masih ada yang berniat untuk menyalurkan donasinya, kami siap menerima,” ujar Jamali.

 

Muh Ihsan, Koordinator NU Sidoarjo Peduli, menegaskan, hingga saat ini telah terkumpul donasi untuk korban erupsi Gunung Semeru total sekitar Rp369 juta. Termasuk tambahan donasi dari beberapa UPZIS LAZISNU MWC, yakni LAZISNU Candi Rp10 juta, LAZISNU Balongbendo Rp15,5 juta dan LAZISNU Tulangan Rp15 juta.

 

“Ini merupakan bentuk sinergi lembaga dalam berkhidmah di NU, kami tidak ada artinya jika lembaga tidak bersinergi dalam mewujudkan cita-cita bersama. Semoga sinergi semua lembaga di bawah naungan NU senantiasa terpelihara dalam menggerakkan roda jamiyyah NU Sidoarjo, khususnya dalam kondisi seperti ini agar bisa dirasakan manfaatnya secara langsung oleh umat,” katanya.

 

Sementara itu, Samsul Huda, salah seorang relawan NU Sidoarjo Peduli yang sedang bertugas di Posko NU Sidoarjo Peduli Semeru melaporkan, bahwa pemasangan batu bata mushala Rahmatul Hidayah An Nahdliyah sudah selesai.


Metropolis Terbaru