• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 27 Juni 2022

Metropolis

Guru-Santri di Sidoarjo Kompak Bikin Game Ramah Anak

Guru-Santri di Sidoarjo Kompak Bikin Game Ramah Anak
Nurul Yaqin bersam tiga orang siswanya yang menciptakan game ramah anak. (Foto: NOJ/ Boy Ardiansyah)
Nurul Yaqin bersam tiga orang siswanya yang menciptakan game ramah anak. (Foto: NOJ/ Boy Ardiansyah)

Sidoarjo, NU Online Jatim 

Guru dan siswa Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Taruna, Tarik, Sidoarjo kompak menciptakan dua game yang ramah dan sangat bermanfaat bagi anak-anak muda. Game tersebut ialah ‘Merdeka Defense’ dan ‘Pelopor Sopan Tertib Lalu Lintas (Pentas)’ yang dibuat dalam bimbingan guru multimedia, Nurul Yaqin.

 

Nurul Yaqin menuturkan, bahwa game ‘Merdeka Defense’ dibuat karena terinspirasi dari film Merah Putih yang mengisahkan perjuangan dalam memperoleh kemerdekaan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

 

“Yakni dengan mengusir penjajah dari bumi pertiwi,” ujar Nurul Yaqin kepada NU Online Jatim, Selasa (11/01/2022).

 

Menurutnya, game tersebut diciptakan oleh tiga orang siswanya di SMK Taruna jurusan multimedia. Mereka ialah Alfi Fadilah siswi kelas XII, M Nashiruddin Fathi kelas XI, dan Aiska Intan Firdaus kelas XI sekaligus santri Pondok Pesantren Al-Hidayah Putra, Tarik, Sidoarjo.

 

“Dengan game ini diharapkan kita semakin mencintai dan menghargai jasa pahlawan kemerdekaan yang telah mengorbankan segenap jiwa raga untuk kehidupan kita saat ini,” ungkapnya.

 

Sementara game Pelopor Sopan Tertib Lalu Lintas (Pentas) dibuat untuk mengenalkan masyarakat akan pentingnya tertib lalu lintas saat berkendara di jalan raya. 

 

Disebutkannya, bahwa game tersebut diciptakan dan dikembangkan bersama oleh Intan Khofifatus Sakinah yang merupakan santri Pondok Pesantren Al-Hidayah Putri, Tarik, Sidoarjo, Fatimah Az Zahro Aprilianti, dan Ricky Eki Firmansyach siswa kelas XII Multimedia.

 

“Dengan game Pentas tersebut, diharapkan masyarakat dapat mengenal rambu lalu lintas dengan cara yang menyenangkan,” ujar Nurul Yaqin

 

Atas kreativitas tersebut, sekolah berbasis pesantren ini meraih juara Sayembara Kompetensi Siswa SMK Indonesia (SaKSSI) pada akhir tahun 2021 lalu untuk kategori pengembangan game (Game Development). 

 

“Game Pentas mendapat juara 1 tingkat Nasional, sedangkan Game ‘Merdeka Defense’ mendapat juara 2 tingkat Nasional. Kedua game ini dapat diunduh di playstore,” terang Nurul Yaqin.

 

Sementara Kepala Sekolah SMK Taruna H Nuril Anwar mengaku bahagia dan bangga atas prestasi anak didiknya di tingkat nasional tersebut.

  

“Alhamdulillah, kami panen juara di tingkat nasional. Prestasi membanggakan ini akan terus kami kembangkan, dan saya sangat berharap hal ini menjadi inspirasi siswa-siswi lain agar semangat berprestasi,” katanya.


Metropolis Terbaru