• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 27 September 2022

Tapal Kuda

Kompak, PKPT di Sidoarjo Gelar Lakmud Raya Perdana

Kompak, PKPT di Sidoarjo Gelar Lakmud Raya Perdana
Lakmud Raya oleh PKPT IPNU-IPPNU se-Sidoarjo. (Foto: NOJ/Maschan Yusuf))
Lakmud Raya oleh PKPT IPNU-IPPNU se-Sidoarjo. (Foto: NOJ/Maschan Yusuf))

Sidoarjo, NU Online Jatim

Lembaga Komunikasi Pimpinan Komisariat (LKPT) Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPNU-IPPNU) Sidoarjo bersama seluruh Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi (PKPT) se Sidoarjo menggelar Latihan Kader Muda (Lakmud) perdana.


Digelar selama dua hari, Jumat-Ahad (25-27/02/2022), di Balai Desa Sidomojo, Kecamatan Krian, kegiatan pengkaderan tingkat kedua bagi kader PKPT yang bertajuk Lakmud Raya tersebut mengusung tema Membedah Idealisme Buta demi melahirkan Kader yang Sesungguhnya.


Aisyah Nur Maulidiyyah, Ketua PC IPPNU Sidoarjo, sangat mengapresiasi upaya dari kader PKPT yang telah mampu menggelar Lakmud perdana ini. Menurutnya, melalui pelatihan ini, kader IPNU IPPNU diharapkan mampu memetakan kapasitas kader di lingkup kampus.


“Kader IPNU IPPNU di kampus merupakan mahasiswa yang sudah dianggap mumpuni dari segi intelektualnya. Untuk itu dengan adanya Lakmud di PKPT ini dapat meningkatkan kualitas seorang kader IPNU IPPNU,” ujar alumni Universitas Nahdlatul Ulama Surabaya (Unusa) tersebut.


Sementara itu, Usriatil Khabibah selaku Direktur LKPT PC IPPNU Sidoarjo menjelaskan bahwa PKPT di Sidoarjo selama ini belum pernah melaksanakan jenjang pengkaderan kedua. Hal ini karena mengacu dalam peraturan kaderisasi di PD/PRT PC IPNU IPPNU Sidoarjo.


“Alhamdulillah, hasil Rakornas LKPT di Tulungagung bulan Desember lalu, telah menetapkan jenjang kaderisasi di PKPT. Yang semula hanya dapat menyelenggarakan Makesta saja, saat ini dapat menggelar Lakmud melalui peraturan kaderisasi di tingkat pimpinan cabang. Tentunya sesuai dengan kapasitas dan kebutuhan di setiap PKPT,” jelas Bibah.


Lebih lanjut, Alumni Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo itu mengatakan bahwa esensi Lakmud di tingkat PKPT harus menyesuaikan dengan kebutuhan setiap perguruan tinggi. Bibah berharap hasil dari Lakmud tidak hanya sebagai bahan uji coba belaka, tetapi dapat menjadi lompatan ke depan guna menciptakan pedoman kaderisasi yang lebih ideal di ranah PKPT.


Untuk diketahui, Lakmud kali ini diikuti sebanyak 25 peserta dari empat PKPT di Sidoarjo. Yaitu dari Universitas Nahdlatul Ulama Sidoarjo, Universitas Sunan Giri, Institut Agama Islam Al Khoziny, dan Universitas Ma’aril Hasyim Latief.


Tapal Kuda Terbaru