• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 26 September 2022

Matraman

Ada Lakmud 'ASIK' di Trenggalek, Apa itu?

Ada Lakmud 'ASIK' di Trenggalek, Apa itu?
Pembukaan Lakmud PAC IPNU IPPNU Dongko, Trenggalek di MI Nurul Huda. (Foto : NOJ/Marisa Khoirila)
Pembukaan Lakmud PAC IPNU IPPNU Dongko, Trenggalek di MI Nurul Huda. (Foto : NOJ/Marisa Khoirila)

Trenggalek, NU Online Jatim

Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Dongko Kabupaten Trengalek Melaksanakan Latihan Kader Muda (Lakmud) di Madrasah Ibtidaiyah (MI) Nurul Huda, Desa Cakul. Kegiatan yang mengusung tema 'Kader Asik Organisasi Menarik' ini akan berlangsung selama empat hari, Jumat hingga Senin mendatang, (17-20/09/2021). 

 

Dari tema itu, Sekretaris PAC IPPNU Dongko, Anggi Novita berharap lulusan Lakmud PAC IPNU IPPNU Dongko 2021 ini dapat menjadi alasan organisasi IPNU IPPNU diminati oleh kaum muda. "Sesuai dengan temanya, 'Kader Asik,' suatu yang dirasa asik, pasti akan berakhir menarik. Ketika itu menarik, maka akan diminati banyak kalangan," katanya.

 

Dari yang diceritakan Anggi, kata asik memiliki filosofi yang luar biasa jika dipereteli satu persatu. A merupakan makna dari Aktif, yakni kader yang tetap aktif di organisasi dalam keadaan apapun. S adalah skill atau kemampuan. I adalah Intelektual, dan K adalah kreatif. 

 

"Agar organisa tidak membosankan, dan kegiatannya terkesan monoton, itu-itu saja, maka kita butuh kader aktif yang cerdas, ahli, dan kreatif," ujarnya.

 

Ia mengungkapkan, pada suatu kasus diawal pengkaderan, sudah biasa didapati banyak peserta di dalamnya. Namun semakin hari akan terkikis oleh hukum alam. “Tidak banyak yang bertahan hingga akhir, entah karena bosan atau hal lain, namun ini merupakan usaha kita,” lanjutnya.

 

Peserta dari kegiatan Lakmud ini sangat diminimalisir karena menghindar kerumunan massa. Terdapat 14 pendaftar yang merupakan 7 dari internal dan 5 dari eksternal. Seluruh ketua ranting NU kecamatan Dongko pun turut hadir memeriahkan acara pembukaan ini.

 

Qari’ Merdu

Muhammad Sholikudin, merupakan seorang qori' yang memiliki suara yang bagus saat membacakan ayat suci Al-Qur'an dengan lantang dan merdu saat pembukaan Lakmud. Keahliannya ini ternyata merupakan hasil dari latihan rutinnya selama satu tahun.

 

Mahasiswa Universitas Islam Negeri Sayyid Ali Rahmatullah (UIN Satu) ini juga pernah mendapatkan peringkat tiga pada lomba qiroat umum di tingkat kecamatan dan peringkat dua ketika menempuh pendidikan di Madrasah Aliyah (MA) Nurul Huda, Cakul, Kecamatan Dongko, Kabupaten Trenggalek.

 

 

"Selain berlatih di kampus, saya juga latihan qiroah di rumah. Jadi di daerah saya, Dusun Nglangon, Kecamatan Dongko itu setiap setelah shalat Jumat ada semacam pelatihan qiroah," ungkap Sholik, sapaan akrabnya.

 

Editor: Romza


Editor:

Matraman Terbaru