• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 21 Mei 2022

Tapal Kuda

Rapimcab IPNU Pasuruan Minta PAC Optimalkan Lakmud

Rapimcab IPNU Pasuruan Minta PAC Optimalkan Lakmud
Rapimcab IPNU Kabupaten Pasuruan. (Foto: NOJ/Mokhamad Faisol)
Rapimcab IPNU Kabupaten Pasuruan. (Foto: NOJ/Mokhamad Faisol)

Pasuruan, NU Online Jatim

Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Kabupaten Pasuruan mengelar Rapat Pimpinan Cabang (Rapimcab) dengan tema Konsolidasi Sinergitas demi Kemajuan Organisasi baru-baru ini. Hasilnya meminta PAC-PAC agar mengoptimalkan Latihan Kader Muda (Lakmud).

 

Zainurroziqin atau Inur selaku tim kaderisasi PC IPNU Kabupaten Pasuruan mengatakan, hampir semua PAC IPNU di Kabupaten Pasuruan mengadakan Masa Kesetiaan Anggota (Makesta) di wilayahnya masing-masing, namun belum ada PAC IPNU yang mengadakan Lakmud.

 

"Kami dari PC siap memfasilitasi PAC yang mengadakan Lakmud karena ada beberapa kader PC IPNU yang mengikuti Latihan Instruktur (Latin)," ujarnya kepada NU Online Jatim, Selasa (25/01/2022).

 

Lebih lanjut Inur menjelaskan, PC IPNU sudah menyiapkan konsep-konsep Lakmud dari tingkatan PAC hingga komisariat.

 

"Jika banyak kader IPNU-IPPNU yang sudah masuk di jenjang kaderisasi Lakmud harus mampu menjadi penggerak di PAC maupun komisariat setempat. IPNU-IPPNU harus jadi kader hebat tetapi tetap bermartabat," tandasnya.

 

Bulan depan, lanjut Inur, PC IPNU akan  turba ke PAC se Kabupaten Pasuruan  untuk mendata kader IPNU yang sudah Makesta dan Lakmud. "Jika Sumber Daya Manusianya mumpuni kami akan menfasilitasi kegiatan Lakmud ke PAC IPNU tersebut," ungkapnya.

 

Ia berharap kepada PAC dan Komisariat yang hadir dalam kegiatan Rapimcab untuk menindaklanjuti pengkaderan formal setelah Makesta, yakni Lakmud, sehingga benar-benar bisa melahirkan sosok pemikir dan penggerak dari IPNU-IPPNU. Bukan lagi diurus melainkan mau dan mampu mengurusi organisasi. Sehingga, IPNU-IPNU di Kabupaten Pasuruan semakin maju.


Tapal Kuda Terbaru