• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 25 Juni 2022

Tapal Kuda

Perjuangan Riehwan Mengikuti Lakmud di Probolinggo

Perjuangan Riehwan Mengikuti Lakmud di Probolinggo
Riehwan, peserta Lakmud asal Pulau Kangean. (Foto: NOJ/Nurhaliza)
Riehwan, peserta Lakmud asal Pulau Kangean. (Foto: NOJ/Nurhaliza)

Probolinggo, NU Online Jatim
Latihan Kader Muda (Lakmud) yang diadakan oleh Pimpinan Anak Cabang (PAC) Bantaran dan Wonomerto, Probolinggo pada Kamis-Ahad (12-15/05/2022) menuai perhatian. Pasalnya, ada salah satu peserta yang berasal dari pulau seberang. Ia adalah Riehwan, peserta yang berasal dari Pulau Kangean, Madura. Tepatnya ia berasal dari Desa Timur Jangjang, Kecamatan Kangayan, Kabupaten Sumenep.

 

Riehwan menempuh perjalanan satu hari untuk menuju Probolinggo. Ia mengaku berangkat dari rumahnya ke Pelabuhan Kangean naik motor dengan waktu sekitar dua jam. Dilanjutkan  ke Pelabuhan Sumenep naik kapal hulalo selama delapan jam.

 

"Dari Pelabuhan Sumenep ke Terminal Sumenep naik ojek sekitar setengah jam. Kemudian Terminal Sumenep ke Terminal Probolinggo selama 4 jam," tutur Riehwan.

 

Ia sendiri mengatakan bahwa salah satu motivasi mengikuti Lakmud hingga ke luar pulau ini adalah ingin mendapatkan ilmu dan pengalaman baru.

 

"Karena di Pulau Kangean sendiri khususnya, IPNU IPPNU masih tergolong baru. Oleh karenanya, saya ingin jadi penggerak disana," kata pria kelahiran Sumenep, 5 Mei 2000 tersebut.

 

Dirinya juga bersyukur mendapatkan ilmu baru dari Lakmud yang diikuti tersebut.

 

"Alhamdulillah selama saya ikut Lakmud benar-benar mendapatkan ilmu baru. Sebab saya tidak pernah membayangkan bawa Lakmud itu seperti ini. Ini benar-benar melatih mental saya. Setelah ikut Lakmud saya akan lebih serius lagi untuk mengabdi di NU," pungkasnya.


Tapal Kuda Terbaru