• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 29 Juni 2022

Tapal Kuda

LAZISNU Probolinggo Tinjau Lokasi Pengeboran Air Bersih untuk Warga

LAZISNU Probolinggo Tinjau Lokasi Pengeboran Air Bersih untuk Warga
LAZISNU Kabupaten Probolinggo saat melakukan peninjauan lokasi pengeboran air bersih untuk warga. (Foto: NOJ/ Siti Nurhaliza)
LAZISNU Kabupaten Probolinggo saat melakukan peninjauan lokasi pengeboran air bersih untuk warga. (Foto: NOJ/ Siti Nurhaliza)

Probolinggo, NU Online Jatim

Lembaga Amil Zakat, Infaq dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kabupaten Probolinggo bekerja sama dengan Yayasan Pelangi Bakti Nusantara hendak melakukan pengeboran air untuk warga. Pada Kamis (07/04/2022) pengeboran air di Dusun Pelosok, Desa Resongo, Kecamatan Kuripan, Probolinggo itu dilakukan survey atau cek lokasi.


“Hal ini untuk membantu menyelesaikan keresahan warga masyarakat yang mengeluhkan kekurangan air bersih,” ujar Babussalam, Ketua NU Care-LAZISNU Kabupaten Probolinggo.


Disebutkan, warga Desa Resongo sudah puluhan tahun harus naik turun bukit dan pegunungan terjal untuk mendapatkan air bersih, baik untuk mandi atau pun mencuci baju. Jarak tempuh ke sumber mata air di bawah cukup jauh, bahkan mencapai kurang lebih 30 menit perjalanan.


“Belum lagi pulangnya yang harus membawa beban bawaan yang berat. Warga harus rela membawa tumpukan baju cucian melewati curah yang sangat terjal. Ini sudah biasa bagi warga sekitar. Bahkan, dalam sehari mereka bisa bolak balik tiga kali ke sumber mata air itu,” katanya.


Tak cukup itu, lanjut Babussalam, akses jalan di desa setempat sangat menantang. Selain jalanan terjal, juga penuh dengan bebatuan. “Maka, pengeboran sumber mata air ini merupakan salah satu cara untuk mengatasi permasalahan tersebut,” imbuhnya.


Babussalam berharap, kehadiran sumur bor ini nantinya mampu mencukupi kebutuhan air masyarakat setempat, terutama saat musim kemarau. Sebab menurutnya, air merupakan kebutuhan pokok yang diperlukan oleh masyarakat.


“Sumur bor ini diharapkan nantinya dapat bermanfaat dan menjawab keresahan warga yang kekurangan air bersih," pungkasnya.


Diketahui, proses survey lokasi tersebut diikuti oleh enam pengurus LAZISNU Kabupaten Probolinggo dan lima orang dari Yayasan Pelangi Bakti Nusantara.


Tapal Kuda Terbaru