• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 3 Juli 2022

Tapal Kuda

Ketua NU Pasuruan: Program MWCNU Harus Selaras dengan Kebutuhan Masyarakat

Ketua NU Pasuruan: Program MWCNU Harus Selaras dengan Kebutuhan Masyarakat
KH Imron Mutamakkin, Ketua PCNU Kabupaten Pasuruan. (Foto: NOJ/Mokhamad Faisol)
KH Imron Mutamakkin, Ketua PCNU Kabupaten Pasuruan. (Foto: NOJ/Mokhamad Faisol)

Pasuruan, NU Online Jatim

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pasuruan menggelar safari Ramadhan di Masjid Darussalam, Dusun Sukun, Kecamatan Perwosaari, Kabupaten Pasuruan, Senin (11/04/2022). Dalam Safari Ramadhan tersebut, KH Imron Mutamakkin, Ketua PCNU Kabupaten Pasuruan berpesan agar progam MWCNU singkron dengan kebutuhan masyarakat.


Kiai Imron mengatakan, jika MWCNU bisa menyingkronkan program dengan kebutuhan masyarakat maka akan tercipta kemalshatan di tengah masyarakat. "Untuk mencapai masyarakat yang maslahat, pengurus MWCNU harus bisa memenuhi kebutuhan masyarakat,” ujarnya.


Gus Ipong, sapaaan akrabnya, menambahkan, untuk memenuhi kebutuhan masyarakat, maka harus menghidupi kantor MWCNU dengan berbagai kegiatan bersama masyarakat. "Ayo gerakan masyarakat dengan program-program MWCNU mulai dari dakwah, kesehatan, pendidikan dan ekonomi," katanya.


Lebih lanjut Gus Ipong mengatakan, berjihad di zaman dahulu berbeda dengan berjihad di era sekarang. Kalau jihad dulu adalah perang membawa pedang, sedangkan zaman sekarang perang di media sosial, pendidikan, opini, ide, dan ajaran.


"Jika NU bisa memerangi medsos, pendidikan, opini, ide dan ajaran, maka NU akan mengusasai dunia. Oleh karena itu kita harus mempersiapkan diri untuk melawan itu semua," ujarnya.


Salah satu persiapan PCNU dari sektor pendidikan adalah membuat pendidikan unggulan, mulai dari Madrasah Aliyah, universitas dan madrasah diniyah di berbagai kecamatan. Tujuannya adalah meningkatkan emosional kepada siswa untuk sambung sanad dengan muassis Nahdlatul Ulama.


"Pentingnya pendidikan berlabel NU dan dikelola oleh Ma'arif NU adalah meningkatkan emosional dan batin kepada siswa agar sanadnya tidak hilang," katanya.


Tapal Kuda Terbaru