• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 30 September 2022

Tapal Kuda

Masuk Era Digital, Peran NU Semakin Dirasakan Masyarakat

Masuk Era Digital, Peran NU Semakin Dirasakan Masyarakat
Subadar, Koordinator Media Center NU Kabupaten Pasuruan. (Foto: NOJ/ Rahma Salsabila)
Subadar, Koordinator Media Center NU Kabupaten Pasuruan. (Foto: NOJ/ Rahma Salsabila)

Pasuruan, NU Online Jatim

Koordinator Media Center Nahdlatul Ulama (NU) Kabupaten Pasuruan, Subadar mengatakan, bahwa NU memiliki peranan yang luar biasa bagi masyarakat di era digital saat ini. Kehadiran NU tidak hanya semata-mata diterima sebagai organisasi yang bersifat kultural, tetapi secara jamiyah atau struktural.


"Hari ini kita rasakan betul bagaimana kehadiran NU di tengah masayarakat,” ujarnya saat 'Podcast Digitalisasi Kemandirian NU' di kanal youtube Ansor Kab Pasuruan, Rabu (23/02/2022).


Ia menyebutkan, dulu orang-orang mungkin lebih merasakan kehadiran NU karena amaliyah-amaliyahnya yang mengakar hingga menjadi sebuah tradisi. Tapi sekarang, seperti saat terjadi banjir di Kabupaten Pasuruan beberapa waktu lalu, banyak relawan yang merupakan kader-kader NU hadir untuk membantu.


“Selain itu, rumah sakit milik NU juga sedang dalam tahap pembangunan, yang merupakan wujud kemandirian organisasi,” terangnya.


Pria yang juga menjadi Wakil Sekretaris Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pasuruan tersebut mengungkapkan, banyak kerja sama yang terjalin antara NU dengan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pasuruan. Termasuk dalam misi melaksanakan pembangunan di Kabupaten Pasuruan.


"Bahkan, kehadiran NU sangat terasa sekali pada gagasan-gagasan milik Pemkab Pasuruan. Tentu saja ini merupakan hal yang sangat baik, dan kondisi semacam ini harus selalu bisa kita jaga," imbuhnya.


Terkait kemandirian organisasi, ia mengatakan bahwa para muassis dulu meletakkan dasar-dasarnya dalam Nahdlatut Tujjar yang digagas oleh KH Abdul Wahab Chasbullah. Hal ini tentu harus terus dijaga spirit dan gerakannya.

 

Ia menambahkan, dalam lima tahun belakangan ekonomi NU cukup mengalami progresivitas yang signifikan. Hal tersebut dibuktikan dengan adanya beberapa gerakan, salah satunya Koin NU atau Kotak Infaq NU.


"Di beberapa PCNU, Koin NU ini sudah berjalan luar biasa. Di pasuruan sendiri juga mulai bergerak, bahkan beberapa Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) sudah ada yang bisa membangun kantor dari hasil Koin NU tersebut," tandasnya.


Tapal Kuda Terbaru