• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 8 Agustus 2022

Tapal Kuda

Meriahkan Harlah, LAZISNU Kota Pasuruan Lakukan Santunan Serentak

Meriahkan Harlah, LAZISNU Kota Pasuruan Lakukan Santunan Serentak
Santunan serentak oleh LAZISNU yang berkoordinasi dengan PRNU Kota Pasuruan. (Foto: NOJ/Diana Putri Maulida).
Santunan serentak oleh LAZISNU yang berkoordinasi dengan PRNU Kota Pasuruan. (Foto: NOJ/Diana Putri Maulida).

Pasuruan, NU Online Jatim
Pengurus Cabang (PC) Lembaga Amil Zakat, Infak, dan Shadaqah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kota Pasuruan menggelar kegiatan santunan serentak mulai pagi hingga malam. Disebut serentak sebab bentuk santunannya beragam dan dilaksanakan di hari yang sama.
 

Ketua PC LAZISNU Kota Pasuruan, Muhammad Zainulloh mengatakan, santunan diberikan kepada anak yatim, dhuafa, Ansor, serta Banser. Selain materi, ada pula santunan berupa barang, yaitu cat tembok untuk mushala serta tas dan sepatu untuk anak sekolah. 
 

"Santunan yang diberikan bermacam-bermacam, kan kebutuhan di tiap ranting itu beda-beda. Ada sumbangan uang, dana pendidikan, cat tembok, tas, dan sepatu sekolah. Selain itu, ada santunan untuk penggali kubur, sebab ada yang menyampaikan kalau terdapat daerah yang hanya punya tiga penggali kubur di tiga RWnya," katanya, Kamis (17/02/2022).
 

Diakui Zainul, pihaknya telah memberikan surat edaran kepada Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU), tepat dua pekan sebelum kegiatan dilaksanakan. Surat tersebut berisikan imbauan untuk menggelar kegiatan santunan yang bentuknya menyesuaikan kebutuhan masyarakat setempat.
 

"Di LAZISNU Kota Pasuruan ini ada kegiatan yang paten. Semisal saat maulid itu mengadakan khitanan massal dan saat Ramadhan safari anak yatim. Nah, khusus yang ini kita memberi kebebasan melaksanakan kegiatan pada pengurus ranting," jelas dia.
 

Kegiatan yang masih merupakan rangkaian dari peringatan hari lahir ke-99 NU serta LAZISNU ke-17 tersebut, menggunakan dana yang berasal dari kaleng NU.
 

Dijelaskan Muhammad Saichu selaku Ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Bugul Kidul, ada relawan yang bertugas menghimpun dana dari rumah-rumah warga setiap bulan. Dana tersebut akan dikelola oleh PRNU NU serta PC LAZISNU dan dikembalikan lagi kepada masyarakat.
 

"Jadi dikumpulkan kemudian dibagi, PRNU mengelola 70 persennya dan sisanya dikelola LAZISNU. Untuk kegiatan ini, ranting mengeluarkan dana menyesuaikan jenis santunan dan nanti ditambah dari LAZISNU sebesar 30 persen yang dari kaleng NU itu tadi," urai Saichu.
 

Ia menjelaskan, dari tujuh PRNU di Kecamatan Bugul Kidul, enam di antaranya menggelar santunan tersebut. Keenamnya adalah PRNU Bakalan, PRNU Blandongan, PRNU Kepel, PRNU Tapaan, JPZIS Al-Jannah, dan JPZIS Baitul Karim.
 

"Santunan sepuluh anak yatim di Bakalan, sumbangan cat dan pengecatan mushala di Blandongan, santunan 10 dhuafa di Tapaan, dan sebagainya," pungkas dia.


Editor:

Tapal Kuda Terbaru