• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 8 Juli 2022

Tapal Kuda

Mengenal Andika, Duta Kebudayaan Jawa Timur Asal Pasuruan

Mengenal Andika, Duta Kebudayaan Jawa Timur Asal Pasuruan
Andika, kader IPNU Tutur Kabupaten Pasuruan. (Foto: NOJ/Faisol)
Andika, kader IPNU Tutur Kabupaten Pasuruan. (Foto: NOJ/Faisol)

Pasuruan, NU Online Jatim

Andika Rizki Islami merupakan kader Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Tutur, Kabupaten Pasuruan terpilih menjadi duta kebudayaan Jawa Timur 2021.

 

Andika sapaan akrabnya begitu yakin untuk lolos mewakili Jawa Timur ke tingkat nasional. Sementara yang menjadi lawannya adalah Kabupaten Lamongan, Malang dan Pasuruan.

 

"Saya optimis lolos karena dari segi mental, pengetahuan dan wawasan saya sudah menyiapkannya dengan baik,"ujarnya.

 

Lebih lanjut ia mengatakan siap mengerahkan waktunya untuk membimbing, mengawal para pemuda yang berkecimpung di dunia sosial dan budaya baik di Pasuruan atau Jawa Timur.

 

"Tujuan utama saya mengikuti lomba adalah menyadarkan para pemuda untuk mengenalkan, melestarikan dan merawat budaya," terangnya Ahad (31/10) kepada NU Online Jatim.

 

Adapun tema yang ia ambil adalah menjunjung tinggi prinsip multikultural seperti mengangkat batik Pasuruan dan mengelakkan syair Gus Irsyad dengan judul 'Pasuruan Gumuyu'.

 

"Ia mengambil tema tersebut karena di Pasuruan memiliki banyak ras, budaya dan agama tema ini akan cocok,"kata pria kelahiran 2000 tersebut.

 

Sementara Muhammad Sodikin mengaku bangga atas pencapaian kader PAC IPNU Tutur yang membawa nama daerahnya ke kancah nasional

 

"Tentunya bangga sekali," ungkapnya kepada NU online Jatim.

 

Sodikin sapaan akrabnya berharap kepada Andika, supaya bisa menularkan bakatnya kepada kader-kader muda yang ada di Pasuruan.

 

"Mudah mudahan ia bisa menjadi inspirasi para pemuda khususnya di Pasuruan,” tutupnya.


Tapal Kuda Terbaru