• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 7 Desember 2022

Pantura

Cetak Kader Militan, IPNU-IPPNU di Tuban Adakan Diklatama

Cetak Kader Militan, IPNU-IPPNU di Tuban Adakan Diklatama
Penyematan tanda peserta Pendidikan dan Latihan Pertama (Diklatama) II IPNU-IPPNU Soko, Tuban. (Foto: NOJ/ Dhahrul Mustaqim)
Penyematan tanda peserta Pendidikan dan Latihan Pertama (Diklatama) II IPNU-IPPNU Soko, Tuban. (Foto: NOJ/ Dhahrul Mustaqim)

Tuban, NU Online Jatim

Dewan Koordinasi Anak Cabang (DKAC) Corp Bridgade Pembangunan (CBP) dan Korp Pelajar Putri (KPP) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Soko melaksanakan Pendidikan dan Latihan Pertama (Diklatama) II, Sabtu (29/10).

 

Kegiatan ini dipusatkan di Sendang Gede Jegulo Kecamatan Soko, Tuban dengan diikuti oleh 40 peserta dari Pimpinan Anak Cabang (PAC) dan Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi (PKPT).

 

Komandan Dewan Koordinasi Cabang (DKC) IPNU Tuban, A Aufal Marom mengungkapkan, dengan mengikuti Diklatama bisa menjadikan kader IPNU-IPPNU memiliki intelektual dan memiliki sikap militansi yang tinggi dalam berorganisasi.

 

“Karena kegiatan ini diupayakan untuk menciptakan kader-kader yang militan, disiplin, dan selanjutnya bisa berkontribusi di CBP-KPP di Kecamatan Soko dan Kabupaten Tuban,” ujarnya.

 

Sementara Komandan DKAC KPP Soko, Rifqia Auwaly Zulfaa mengatakan,  kegiatan itu dapat dijadikan wadah mengasah kemampuan, kepemimpinan, dan kedisiplinan dalam menjalankan organisasi.

 

Selain itu, CBP IPNU dan KPP IPPNU mempunyai peran penting dalam melakukan pengawalan dan pengamanan dalam kegiatan yang dilaksanakan oleh IPNU-IPPNU.

 

“Ini dilakukan untuk memfasilitasi anggota ranting dan komisariat se-Kecamatan Soko terkait kedisiplinan,” ungkapnya.

 

Ia menambahkan, bahwa Diklatama adalah salah satu cara untuk memperkenalkan diri kembali Lembaga Semi Otonom (LSO) IPNU-IPPNU di tingkat PAC. “Ya, juga untuk mengenalkan kembali keberadaan CBP-KPP di sini,” tambahnya.

 

Rifqia berharap, pasca Diklatama kader hendaknya memiliki tanggung jawab yang lebih besar terhadap organisasi. Apalagi dalam Diklatama materi lebih ditekankan ke dalam penanaman sikap kepemimpinan di dalam organisasi.

 

“Semoga kegiatan ini bisa menumbuhkan jiwa siap, tanggap, dan taggung jawab serta sifat gotong royong dalam melaksanakan program IPNU-IPPNU,” tandasnya.

 

Penulis: Dhahrul Mustaqim


Pantura Terbaru