• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 6 Desember 2022

Tapal Kuda

Faruq Terpilih Jadi Ketua IPNU Kraksaan, Diharap Utamakan Kemandirian

Faruq Terpilih Jadi Ketua IPNU Kraksaan, Diharap Utamakan Kemandirian
Umarul Faruq, Ketua PC IPNU Kota Kraksaan Terpilih. (Foto: NOJ/ Siti Nurhaliza).
Umarul Faruq, Ketua PC IPNU Kota Kraksaan Terpilih. (Foto: NOJ/ Siti Nurhaliza).

Probolinggo, NU Online Jatim

Konferensi Cabang (Konfercab) XXI  Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdhatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdhatul Ulama (IPPNU) Kota Kraksaan Probolinggo digelar pada Sabtu-Ahad (30-31/10). Kegiatan ini dilaksanakan di Pondok Pesantren Nurid Dahlani Taroan.

 

Konfercab tersebut menghasilkan putusan Umarul Faruq dan Umi Kulsum sebagai ketua terpilih PC IPNU-IPPNU Kota Kraksaan Periode 2021-2023. Dua pimpinan ini diharap membawa kemandirian dari berbagai aspek selama memimpin IPNU-IPPNU Kota Kraksaan.

 

Pada kesempatan tersebut, Faruq terpilih dengan memperoleh 17 suara mengalahkan satu lawannya.

 

Faruq selaku Ketua PC IPNU Kota Kraksaan terpilih mengungkapkan, sebagai langkah awal kepengurusan dirinya akan mulai membangun soliditas dan komunikasi antara PC dengan Pimpinan Anak Cabang (PAC). Terutama dalam pemilihan calon pengurus, baik dari pengalaman, kaderisasi dan kualitas.

 

Disamping itu, ia juga akan membangun komunikasi intens dengan semua stakeholder yang ada, serta melanjutkan perjuangan pada periode sebelum dirinya.

 

"Karena saya tidak akan mungkin bisa menjadi yang sekarang tanpa periode sebelumnya. Hanya mungkin ada beberapa yang ingin saya ubah dari pola kaderisasi dan pengembangan organisasi," kata Faruq.

 

Pemuda asal Desa Wangkal Kecamatan Gading tersebut mengaku tak menyangka bahwa dirinya akan terpilih menjadi ketua PC IPNU Kota Kraksaan.

 

Karirnya di IPNU memang dimulai dari bawah sejak di Pimpinan Komisariat Darul Lughoh Wal Karomah tahun 2014, kemudian menjadi pengurus PAC Gading tahun 2016-2018, selanjutnya Bendahara Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi (PKPT) Universitas Islam Zainul Hasan Genggong pada tahun 2017.

 

Selain itu, Faruq juga menjadi Wakil Ketua (Waka) 4 bidang dakwah PC IPNU Kota Kraksaan tahun 2016-2019. Kemudian menjadi Waka 1 Keorganisasian PC IPNU Kota Kraksaan 2019-2021.

 

Selama di IPNU, Faruq tak pernah absen dari kegiatan kaderisasi. Mulai dari Masa Kesetiaan Anggota (Makesta) pada tahun 2014, Latihan Kader Muda (Lakmud) tahun 2016, Latin Pimpinan Wilayah (PW) IPNU Jatim tahun 2018, Latin II PW IPNU Jatim 2021, Diklatama pada tahun 2015 dan Diklatmad 2016.

 

"Dari mengikuti berbagai kaderisasi tersebut, saya merasa IPNU mengajarkan banyak hal. Salah satunya adalah tentang kepemimpinan, kedisiplinan, public speaking, dan lain sebagainya," ungkap Faruq.

 

Terpisah, Ketua Demisioner PC IPNU Kota Kraksaan, Ahmad Faez Zamani memberikan ucapan selamat dan harapan kepada pimpinan terpilih.

 

 

"Harapan saya semoga Ketua PC IPNU terpilih bisa membawa IPNU kepada kemandirian. Baik dari cara berfikir, organisasi, dan ekonomi. Semoga benar-benar membawa perubahan bagi kader, anggota dan masyarakat khususnya remaja dan pemuda Kota Kraksaan," tuturnya kepada NU Online Jatim.


Editor:

Tapal Kuda Terbaru