• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 18 Agustus 2022

Tapal Kuda

Nahdliyin Diingatkan Waspada Memilih Lembaga Pendidikan

Nahdliyin Diingatkan Waspada Memilih Lembaga Pendidikan
KH Syafrudin Syarif saat menyampaikan imbauan pada Turba PWNU Jatim di Bangil. (Foto: NOJ/ Syaifullah)
KH Syafrudin Syarif saat menyampaikan imbauan pada Turba PWNU Jatim di Bangil. (Foto: NOJ/ Syaifullah)

Pasuruan, NU Online Jatim

Minat warga Nahdlatul Ulama atau Nahdliyin untuk mengenyam pendidikan berkualitas demikian tinggi. Namun hal tersebut kurang diimbangi dengan kewaspadaan terhadap terjaganya akidah dan amaliyah Nahdlatul Ulama (NU).

 

"Yang jadi pertimbangan calon peserta didik atau mahasiswa hanya sekolah dan kampus terkenal," kata KH Syafrudin Syarif, Sabtu (05/06/2021).

 

Katib Syuriyah Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur tersebut menyampaikan hal ini pada acara turun ke bawah atau Turba di halaman kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Bangil, Pasuruan.

 

Kiai Syafrudin, sapaan akrabnya menyampaikan bahwa hal yang harus menjadi pertimbangan bagi Nahdliyin adalah selektif memilih lembaga pendidikan.

 

"Yang harus menjadi pertimbangan orang tua dan peserta didik maupun mahasiswa adalah memastikan akidah dan amaliyah. Jangan sampai salah memilih sekolah maupun kampus," pinta alumnus Pesantren Lirboyo, Kediri tersebut.

 

Oleh sebab itu, dirinya meminta Nahdliyin lebih memilih sekolah dan kampus yang dapat menjaga akidah dan amaliyah Nahdliyah.

 

Cara yang dapat dilakukan adalah dengan memilih sekolah dan kampus NU. "Seharusnya warga NU ya kuliah dan sekolah di lembaga NU," tegasnya.

 

Pada saat yang bersamaan, Kiai Syafrudin meminta para pengelola kampus dan lembaga pendidikan untuk meningkatkan mutu.

 

Karenanya, tantangan yang harus dijawab adalah menjadikan lembaga pendidikan formal unggulan.

 

"Untuk bisa sampai ke arah sana, dapat dilakukan dengan berkonsultasi kepada Lembaga Pendidikan atau LP Ma'arif Nahdlatul Ulama," terangnya.

 

Kiai Syafrudin menjelaskan bahwa di LP Ma'arif NU sudah tersedia tenaga bermutu yang dapat difungsikan untuk tujuan tersebut.

 

Dirinya menjelaskan bahwa banyak manfaat yang dapat diraih saat kampus dan lembaga pendidikan berlatarbelakang NU.

 

"Paling tidak, akidah dan amaliyah Ahlussunah wal Jamaah an-Nahdliyah dapat terjaga dengan baik," tegasnya.

 

Di ujung paparan sebagai taujihat atau imbauan atas nama Rais PWNU Jatim tersebut, Kiai Syafrudin berharap semua kalangan terus berbenah.

 

"Dari mulai pengelola lembaga pendidikan dan kampus, juga warga NU turut menjaga komitmen tersebut," pungkasnya.

 

 

Turba PWNU Jatim hari ini berlangsung di halaman kantor PCNU Bangil. Peserta yang hadir adalah utusan dari PCNU Kota dan Kabupaten Pasuruan, serta Bangil. Turba masih akan berlangsung nanti malam untuk kawasan Malang Raya.

 

Editor: Romza


Editor:

Tapal Kuda Terbaru