• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 5 Desember 2022

Tapal Kuda

Turba PWNU Jatim Jangkau Malang Raya dan Tapal Kuda

Turba PWNU Jatim Jangkau Malang Raya dan Tapal Kuda
Turba PWNU Jatim di halaman PCNU Bangil. (Foto: NOJ/Syaifullah).
Turba PWNU Jatim di halaman PCNU Bangil. (Foto: NOJ/Syaifullah).

Pasuruan, NU Online Jatim

Kegiatan turun ke bawah atau Turba Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Timur kembali digelar hari ini, Sabtu (05/06/2021). Kawasan yang dijangkau adalah Pasuruan dan Bangil, serta Malang Raya.

 

"Agenda siang ini dipusatkan di kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama atau PCNU Bangil, Pasuruan," kata KH Abdussalam Sochib, Sabtu (05/06/2021).

 

Ketua Panitia Turba PWNU Jatim tersebut mengemukakan bahwa kegiatan merupakan rangkaian roadshow dalam menyapa kepengurusan daerah.

 

"Ada 18 titik yang PWNU Jatim sapa," kata Gus Salam, sapaan akrabnya.

 

Dikemukakan bahwa selama kegiatan, ada taujihat atau imbauan dari Rais PWNU Jatim. Demikian pula penyampaian amanah dari Ketua PWNU Jatim, serta menyerap aspirasi dari daerah.

 

"Kami mendengarkan, menanggapi, dan memberikan solusi atas masalah yang tengah dihadapi PCNU," kata kiai yang juga Wakil Ketua PWNU Jatim tersebut.

 

Gus Salam kemudian menceritakan bahwa problem yang dihadapi kepengurusan NU di daerah beragam. Dari yang menyangkut masalah aturan organisasi, kendala teknis, dan lainnya.

 

"Termasuk tantangan dari sosio kultural yang tidak jarang cukup mengganggu khidmat pengurus," terang Pengasuh Pondok Pesantren Mamba'ul Ma'arif Denanyar Jombang ini.

 

Dalam pandangan Gus Salam, keberadaan Turba memiliki tujuan strategis dalam membangun kebersamaan di tingkat jam’iyah.

 

"Dengan kegiatan ini kita saling diingatkan akan tantangan yang dihadapi jam’iyah, serta bersinergi dalam mencari solusi terbaiknya," urainya.

 

Alumni Pesantren Ploso Kediri tersebut memberikan contoh sejumlah kendala yang dapat dipecahkan. Seperti pendirian rumah sakit dan klinik, hingga Baitul Mal wat Tamwil.

 

"Apalagi selama Turba PWNU Jatim, kami juga didampingi sejumlah lembaga dan badan otonom dan tim teknis yang dapat memberikan jawaban atas masalah yang dihadapi kepengurusan NU di daerah," pungkasnya.

 

 

Turba hari ini merupakan titik kelima dari 18 yang akan dilampaui. Acara diikuti oleh delegasi dari PCNU Kota dan Kabupaten Pasuruan, serta Bangil. Sedangkan malam harinya, tim Turba akan menyapa daerah Malang Raya.


Editor:

Tapal Kuda Terbaru