• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 10 Agustus 2022

Tapal Kuda

Nahdliyin Pasuruan Disemangati ‘Ayo Urunan Mbangun RSNU’

Nahdliyin Pasuruan Disemangati ‘Ayo Urunan Mbangun RSNU’
Acara Ayo Urunan Mbangun RSNU di PCNU Kabupaten Pasuruan. (Foto: NU Online)
Acara Ayo Urunan Mbangun RSNU di PCNU Kabupaten Pasuruan. (Foto: NU Online)

Pasuruan, NU Online Jatim

Warga NU atau Nahdliyin di Kabupaten Pasuruan bertekad untuk memiliki Rumah Sakit Nahdlatul Ulama (RSNU). Hal ini ditandai dengan peluncuran gerakan Ayo Urunan Mbangun Rumah Sakit Nahdlatul Ulama (RSNU)  di aula KH Achmad Jufry Graha NU Kabupaten Pasuruan, baru-baru ini.

 

KH Imron Mutamakkin, Ketua PCNU Kabupaten Pasuruan, mengatakan rumah sakit yang akan dibangun PCNU ini adalah tipe C. Sementara biayanya sekitar 25 miliar.  

 

"Tentu dana yang kita butuhkan tidak sedikit untuk membangun RSNU, tetapi jika dipikul bersama-sama beratnya tidak akan terasa," ungkapnya, dikutip dari NU Online, Jumat (04/06/2001).  

 

Ia menjelaskan, konsep yang akan digunakan untuk mendapatkan donasi dari warag NU adalah melalui kupon jariyah. Pelaksanaan tersebut akan berlangsung hingga dua tahun ke depan. Setiap bulan PCNU mengeluarkan seratus ribu kupon. Dengan target satu bulan terkumpul dana sebesar Rp1 miliar.

 

"Satu kupon Rp10.000. Dua tahun targetnya Rp25 miliar," imbuh Kiai Mutamakkin.  

 

Hal yang menarik, dalam kegiatan ini adalah lelang surban dan sarung kiai-kiai sepuh Pasuruan, di antaranya sarung almaghfurlah Mbah Djasim Nur yang terjual Rp3.500.000, surban almaghfurlah KH Abdul Ghofur yang terjual Rp15.500.000, dan surban almaghfurlah KH Ahmad Subadar 25.000.000.  Selain itu, mobil katana milik Bupati Pasuruan yang dilelangkan terjual Rp100.000.000.

 

Pada kesempatan yang sama, pengusaha tambang asal Paserpan juga menyumbangkan alat berat untuk pembangunan RSNU. Hingga acara selesai, dana yang terkumpul dari kegiatan lelang tersebut mencapai Rp603.500.000.  

 

Kiai Mutamakkin sangat berterima kasih kepada semua barang yang di lelang.

 

"Semoga aset dari para kiai ini bisa membawa berkah bagi kita semua," katanya.

 

Ia juga mengatakan bagi masyarakat yang ingin ikut serta dalam membantu RSNU bisa berkoordinasi dengan pengurus Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) atau badan otonom (Banom) NU Pasuruan.   Acara ini juga disiarkan langsung di YouTube NU Pasuruan dan tetap menjaga protokol kesehatan yang ketat sesuai dengan anjuran pemerintah. Kegiatan diikuti oleh perwakilan Banom NU se-Kabupaten Pasuruan.

 

Editor: Nur Faishal


Tapal Kuda Terbaru