• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 19 Agustus 2022

Tapal Kuda

Guru MI di Pasuruan Diminta Beradaptasi dengan Pergerakan Zaman

Guru MI di Pasuruan Diminta Beradaptasi dengan Pergerakan Zaman
Guru MI di Kabupaten Pasuruan ikuti Bimtek Diseminasi, Jumat (28/05/2021). (Foto: NOJ/SA)
Guru MI di Kabupaten Pasuruan ikuti Bimtek Diseminasi, Jumat (28/05/2021). (Foto: NOJ/SA)

Pasuruan, NU Online Jatim

Belasan guru Madrasah Ibtidaiyah (MI) se Kecamatan Gempol dan Prigen mengikuti kegiatan diseminasi bimbingan teknik pembelajaran literasi dan numerasi berbasis AKM di MI Negeri 2 Pasuruan pada Jumat (28/05/2021). Kegiatan itu diselenggarakan oleh tim kelompok kerja guru MI (KKG MI) kabupaten setempat.

 

"Kegiatan diseminasi ini dilaksanakan oleh tim KKG MI Kabupaten Pasuruan, dengan pemateri dari pengawas madrasah dan pengurus KKG, serta diikuti oleh guru madrasah wilayah zona dua," kata Ketua KKGMI Kabupaten Pasuruan Pasuruan, Hariyono.

 

Karena masih dalam pandemi Covid-19, bimtek dilaksanakan secara terpisah di beberapa titik. Kepala MIN 2 Pasuruan itu menjelaskan, diseminasi dilakukan sebagai bagian dari upaya meningkatkan kualitas sumber daya manusia tenaga pendidikan di Kabupaten Pasuruan.

 

"Literasi dan numerasi adalah general dan mendasar, tidak hanya kemampuan membaca, tetapi kemampuan menganalisis suatu bacaan dan memahami konsep di balik tulisan tersebut. Sedangkan kompetensi numerasi berarti kemampuan menganalisis menggunakan angka," papar Hariyono.

 

Sementara itu, Plt Kasi Pendidikan Madrasah Fausi menuturkan, guru harus bisa membaca  kebutuhan peserta didik pada masa akan datang. Semua berdasarkan melihat dari revolusi industri yang terjadi di dunia, mulai revolusi industri pertama sampai revolusi industri 4.0, bahkan sekarang revolusi industri 5.0.

 

"Semua mengalami perubahan yang sangat cepat dan dinamis, terutama terkait teknologi informasi. Maka dari itu, sebagai guru harus bisa dan cepat menyesuaikan berdasar aturan dan perkembangan yang ada,” ujar Fauzi.

 

Editor: Nur Faishal


Tapal Kuda Terbaru