• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 1 Desember 2022

Tapal Kuda

NU Peduli Semeru

NU Blitar Salurkan 2000 Al-Qur'an untuk Pengungsi Terdampak Semeru

NU Blitar Salurkan 2000 Al-Qur'an untuk Pengungsi Terdampak Semeru
Penyerahan bantuan Al-Qur'an kepada santri dan masyarakat Lumajang. (Foto: NOJ/ Pransiska)
Penyerahan bantuan Al-Qur'an kepada santri dan masyarakat Lumajang. (Foto: NOJ/ Pransiska)

Lumajang, NU Online Jatim

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Blitar kembali menyalurkan bantuan 2000 Al-Qur'an dan buku materi belajar mengaji kepada santri dan masyarakat yang terdampak erupsi Gunung Semeru di Kabupaten Lumajang.

 

Dalam program NU Peduli tersebut, PCNU Kabupaten Blitar mengantarkan sejumlah relawan guru ngaji. Baik dari kader Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) maupun guru ngaji dari pondok pesantren diberangkatkan secara berkala.

 

Wakil Ketua PCNU Kabupaten Blitar, Samsul Hadi mengatakan, kegiatan distribusi Al-Qur'an akan terus dilakukan sampai bantuan terbagi secara merata.

 

"Kami akan terus mengirim relawan guru mengaji beserta Al-Qur'an hingga bantuan tersebut tersalurkan secara merata, dan kami senantiasa siap siaga untuk memberikan bantuan yang sekiranya diperlukan," ucapnya, Selasa (28/12/2021).

 

Dijelaskan pula, pihaknya berkomitmen untuk membantu kebutuhan sekolah Madrasah Diniyah (Madin) maupun sekolah dasar. Peran NU dalam membantu korban bencana semeru akan terus dilakukan.

 

"Meski dalam situasi memprihatinkan, kami berharap lantunan Al-Qur'an tetap bergema, dan harus tetap dilaksananakan belajar mengaji meski di posko pengungsian," tambahnya.

 

Tentunya, masyarakat sangat antusias serta sangat bersyukur usai mendapat bantuan berupa Al-Qur'an. Selain itu, masyarakat juga dapat belajar secara langsung dengan guru ngaji dengan leluasa serta gratis.

 

Pasalnya, bantuan dalam bentuk logistik terbilang melimpah ruah hingga tim satgas dan badan pengelola kewalahan dalam mengakomodasi bahan pokok yang terus berdatangan.

 

Maka dari itu, peran pengajar dan bahan ajar sangat dibutuhkan. Terlebih lagi siswa-siswi sekolah dasar hingga menengah ke atas tidak ada aktifitas pembelajaran.

 

Relawan guru ngaji asal Blitar tersebut tidak serta merta beraktifitas seorang diri, sejumlah relawan didampingi oleh Taruna Siaga Bencana (Tagana) serta tim Kementrian Sosial (Kemensos) RI yang ditugaskan di sejumlah posko pengungsian di Kabupaten Lumajang.

  

Diketahui, donasi Al-Qur'an serta rombongan relawan guru Blitar yang berjumlah 20 sampai 25 orang tersebut diantar ke lokasi aman. Tepatnya di Desa Sumberurip, Kecamatan Pronojiwo, Kabupaten Lumajang.


Editor:

Tapal Kuda Terbaru