• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 1 Desember 2022

Tapal Kuda

Pasar Rakyat, Upaya GP Ansor dan Pemuda di Probolinggu Wujudkan Kemandirian

Pasar Rakyat, Upaya GP Ansor dan Pemuda di Probolinggu Wujudkan Kemandirian
Peresmian pasar rakyat. (Foto: NOJ/NM)
Peresmian pasar rakyat. (Foto: NOJ/NM)

Probolinggo, NU Online Jatim
Pimpinan Ranting (PR) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Desa Kedungcaluk, Kecamatan Krejengan, Kabupaten Probolinggo melakukan upaya kolaborasi program dengan pemuda setempat. Kali ini adalah dalam upaya mewujudkan desa mandiri.

 

Salah satu programnya adalah dengan mendirikan Pasar Rakyat selama bulan Ramadlan yang telah diresmikan pada Selasa sore (13/04/2021) oleh kepala desa setempat.

 

Muhammad Kholidi, salah satu pengurus ranting sekaligus penyelenggara kegiatan ini mengatakan bahwa adanya Pasar Rakyat merupakan sebuah usaha untuk mewujudkan desa mandiri dengan melibatkan potensi masyarakat terutama di bidang kuliner.

 

 

"Selama ini di Krejengan belum memiliki pasar rakyat. Oleh karena itu, kami mencoba untuk mendirikannya secara mandiri dimulai dari desa," terangnya.

 

Meskipun kegiatan ini hanya akan berlangsung selama bulan Ramadlan, KH Basith Badzali selaku ketua Majelis Wakil Cabang Nahdlatul Ulama (MWCNU) Kecamatan Krejengan yang hadir dalam peresmian Pasar Rakyat berharap semoga kegiatan ini benar-benar dapat menggali potensi masyarakat yang ada.

 

"Sehingga nantinya dapat menumbuhkan kemandirian warga," ungkap kiai muda yang akrab dipanggil Gus Bebe ini di sela-sela sambutannya.

 

Dalam konsepnya, penyelenggara menyediakan beberapa stand bagi masyarakat yang ingin menjajakan dagangannya berupa menu takjil untuk berbuka puasa. Stand tersebut berdiri di samping jalan utama sehingga mudah diakses oleh warga Desa Kedungcaluk maupun warga yang melewatinya.

 

Di samping itu, dukungan penuh yang diberikan oleh pemerintah dan masyarakat desa sangat membantu berjalannya Pasar Rakyat ini ke depan. Dukungan tersebut disampaikan langsung oleh Sulaiman selaku kepala Desa Kedungcaluk dalam sambutannya saat peresmian Pasar Rakyat.

 

"Saya bersyukur atas terlaksananya acara ini. Mohon kepada warga untuk mendukung pemuda Kedungcaluk hanya sekarang, tapi selanjutnya juga," ujarnya.

 

Sementara itu, Bashori selaku Ketua PAC GP Ansor Kecamatan Krejengan menghimbau kepada seluruh ranting GP Ansor di lingkungan Kecamatan Krejengan agar lebih meningkatkan sinergitas dengan segala pihak.

 

"Dengan sinergitas itu harapannya nanti akan lebih banyak lagi program untuk kader GP Ansor, khususnya di tingkat ranting, seperti yang dilakukan oleh ranting Kedungcaluk ini," pungkasnya.

 

Penulis: Khairul Umam

Editor: Risma Savhira


Tapal Kuda Terbaru