• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 28 September 2022

Tapal Kuda

Pelajar NU Pasuruan Gelar Lomba Cerdas Cermat Aswaja, Berikut Pemenangnya

Pelajar NU Pasuruan Gelar Lomba Cerdas Cermat Aswaja, Berikut Pemenangnya
Lomba cerdas cermat. (Foto: NOJ/Faisol)
Lomba cerdas cermat. (Foto: NOJ/Faisol)

Pasuruan NU Online Jatim

Pimpinan Komisariat Perguruan Tinggi (PKPT) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) ITSNU STAIS Pasuruan mengelar perlombaan Cerdas Cermat di Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pasuruan, Rabu (20/07/2022). Kompetisi ini dikhususkan untuk siswa-siswi madrasah dari tingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) se-Kabupaten Pasuruan.

 

Wakil Ketua Lembaga Pendidikan (LP) Ma'arif NU Kabupaten Pasuruan M Qohar mengatakan, bahwasanya konsep Aswaja An Nahdiyah sudah menjadi rujukan dunia karena toleran. Inilah yang membuat dunia tertarik dan kagum terhadap NU.

 

"Karena Aswaja An Nahdliyah sudah menjadi rujukan dunia maka di sekolah harus ada kurikulum Aswaja," ujarnya.

 

Dirinya mengungkapkan, sebagai kader NU tidak boleh minder karena NU sudah dikenal dunia dengan toleransinya dan usianya menjelang satu abad.

 

"Maksimalkan IPNU IPPNU untuk mendidik murid-murid kita khususnya terkait dengan pemahaman Aswaja an-Nahdliyah di tengah masyarakat,” ungkapnya.

 

Vina Humaidah selaku penanggung jawab menyebut kegiatan itu digelar secara khusus untuk memperingati Rapta dan Konferkom PKPT ITSNU STAIS Pasuruan 2022.

 

"Lomba ini adalah salah satu rangkaian peringatan Rapta dan Konferkom dan sebagai penguatan pemahaman Ahlussunnah wal Jamaah (Aswaja) yang menjadi fokus PKPT kepada para pelajar,” katanya.

 

Dirinya menyampaikan penyisihan Lomba Cerdas Cermat dilaksanakan secara tatap muka. Peserta wajib menyelesaikan lima puluh soal dalam waktu satu jam, dengan tetap melakukan protokol kesehatan yang ketat.

 

"Ada lebih dari tiga puluh tim yang mengikuti penyisihan lomba cerdas cermat Aswaja ini dengan didampingi oleh panitia. Nantinya dipilih enam belas terbaik untuk masuk semi final dan enam terbaik untuk masuk final," terangnya.

 

Adapun pemenang dari lomba cerdas cermat Aswaja tingkat Kabupaten Pasuruan adalah sebagai berikut:

Juara 1 MA Ma'arif Sukorejo Putra

Juara 2 MA Al Asy'ari Gondang Wetan Putra

Juara 3 MAN Pasuruan Putri

Harapan 1 MANU Lekok Putri

Harapan 2 MA Darut Taqwa Putri

Harapan 3 MA Queen Zam Zam Putri


Tapal Kuda Terbaru