• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 1 Juli 2022

Tapal Kuda

Pelajar NU Siliragung Banyuwangi Adakan 3 in 1, Apa Itu?

Pelajar NU Siliragung Banyuwangi Adakan 3 in 1, Apa Itu?
Kader IPNU-IPPNU Siliragung, Kabupaten Banyuwangi, mengikuti apel di halaman kantor MWCNU setempat. (Foto: NOJ/Vina Yunda Safitri)
Kader IPNU-IPPNU Siliragung, Kabupaten Banyuwangi, mengikuti apel di halaman kantor MWCNU setempat. (Foto: NOJ/Vina Yunda Safitri)

Banyuwangi, NU Online Jatim

Pelajar NU di Kecamatan Siliragung, Kabupaten Banyuwangi, menjalani bulan September dengan kegiatan 3 in 1, yaitu rijig kantor, apel, dan tasyakuran. Kegiatan tersebut dilaksanakan oleh Pimpinan Anak Cabang Ikatan Pelajar NU dan Ikatan Pelajar Putri NU (IPNU-IPPNU) Siliragung secara rutin selama bulan September.

 

Pada Apel Salam Sapa awal bulan ke-5 dilaksanakan di halaman MWC NU Siliragung pada Ahad (12/09/2021). Karena masih pandemi, apel digelar dengan protokol kesehatan yang ketat.

 

"Kita harus bangkit dan mulai bergerak, mengingat semangat dalam berorganisasi mulai turun karena adanya pandemi seperti ini," kata Zulfiatur Rofiqoh, Ketua PAC IPPNU Siliragung.

 

Ada tiga agenda IPNU-IPPNU yang dikemas dalam satu hari. Sebelum apel, peserta terlebih dahulu bersih-bersih kantor MWCNU Siliragung yang dimulai pukul 09.00 WIB. Setelah itu peserta mengikuti kegiatan tasyakuran atau bakaran.

 

Dua kegiatan itu disebut jagong tasyakuran lan rijig kantor. Baru setelah itu para peserta digiring untuk mengkuti apel. Ali Mukhaidori, Ketua PAC IPNU Siliragung mengatakan bahwa kegiatan tersebut dilakukan untuk membangkitkan semangat kader IPNU-IPPNU dengan cara berkegiatan bareng.

 

"Selain membangkitkan semangat, kegiatan tersebut guna meningkatkan iman dan imun agar tetap sehat untuk survive berorganisasi di tengah pandemi, karena kebersihan sebagian dari iman. Untuk apel, memang sudah rutin diagendakan namun untuk jagong (anjangsana) dan rijig kantor ini insyaAllah akan dilaksanakan rutin per bulannya,” ujarnya.

 

Kegiatan ini diapresiasi dan didukung penuh oleh Pengurus MWC NU Siliragung karena dianggap sangat bagus dan bermanfaat. “Kegiatan ini bagus, untuk mempererat semangat kekeluargaan antar pelajar di Siliragung,” kata Afiludin, salah satu pengurus Tanfidziyyah MWCNU yang juga Pembina PAC IPNU Siliragung.

 

Editor: Nur Faishal


Tapal Kuda Terbaru