• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 22 Februari 2024

Tapal Kuda

Pesantren Al Mashduqiyah Juara Lomba Cover Mars Hari Santri Se-Jatim

Pesantren Al Mashduqiyah Juara Lomba Cover Mars Hari Santri Se-Jatim
Pesantren Al Mashduqiyah Kraksaan Probolinggo Juara Lomba Cover Mars Hari Santri Se-Jatim. (Foto: NOJ/ Siti Nurhaliza)
Pesantren Al Mashduqiyah Kraksaan Probolinggo Juara Lomba Cover Mars Hari Santri Se-Jatim. (Foto: NOJ/ Siti Nurhaliza)

Probolinggo, NU Online Jatim
Pondok Pesantren Al Mashduqiyah berhasil meraih juara 1 lomba cover Mars Hari Santri se-Jawa Timur. Kegiatan tersebut digelar oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Jatim bersama One Pesantren One Produk (OPOP) Jatim.


Ustadz Defly selaku pembina para santri dalam ajang tersebut menyampaikan rasa syukur yang tiada terhingga atas capaian tersebut. Ia berharap, prestasi tersebut menjadi lecutan semangat dan motivasi bagi santri untuk terus berkarya.


"Alhamdulillah, kami bersyukur tiada henti. Dalam meomentum Hari Santri 2022 ini, Allah menitipkan anugerah juara 1 kepada santri Al Mashduqiyah," ungkapnya kepada NU Online Jatim, Rabu (09/11/2022).


Sementara itu, Idamiah Zulfani Agustin yang merupakan salah satu vokalis mengatakan, lomba tersebut dilakukan secara virtual yang diikuti perwakilan pondok pesantren se-Jawa Timur.


Menurutnya, sejumlah tahapan persiapan dilakukan dirinya bersama rekan satu tim dalam mengikuti ajang ini. Mulai dari latihan vokal hingga tahap pengambilan video untuk video klip.


“Latihan vokal dimulai sejak H-7 sebelum pengambilan video, yang dilakukan secara rutin setiap pulang sekolah selama 2 jam dan dilanjutkan saat malam hari di studio pesantren,” ungkapnya.


Ia mengungkapkan, selama latihan pihaknya dituntut untuk menjaga suara agar tetap bagus dan tidak rusak. Salah satunya dengan menjaga pola dan jenis makanan yang dikonsumsi. Bahkan, dirinya kerap kali pula mengkonsumsi jahe agar suara tetap bagus.


"Selama latihan vokal kita harus menjaga suara dari hal-hal yang merusak. Seperti makanan berminyak, minuman dingin, dan lainnya, itu harus dihindari," katanya.


Dirinya menambahkan, pengambilan vokal suara dilakukan pada Selasa (26/10/2022) malam di studio pesantren. Sedangkan pengambilan video pihaknya memilih Utama Raya sebagai lokasi.


“Alhamdulillah, selama proses pembuatan konten berjalan lancar. Kami dibantu beberapa kru yang terlibat, di antaranya adalah satu orang bagian fasilitas, tiga orang kru Mashduqiyah Multimedia, dan dua orang ustadz,” tandasnya.


Diketahui, ajang cover Mars Hari Santri tersebut diikuti sebanyak 32 perwakilan pondok pesantren yang tersebar di Jawa Timur. Pesantren Al Mashduqiyah yang diasuh KH Mukhlisin Sa’ad terletak di Jalan Ir H Juanda Nomor 370 Kampung Arab, Patokan, Kecamatan Kraksaan, Kabupaten Probolinggo.


Tapal Kuda Terbaru