• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 4 Desember 2022

Tapal Kuda

Pesantren di Jember Bagikan Daging Kurban hingga Daerah Pinggiran

Pesantren di Jember Bagikan Daging Kurban hingga Daerah Pinggiran
Pembagian daging kurban dari Pondok Pesantren Darul Hikam Mangli Jember. (Foto: NOJ/ Lutvi Hendrawan dan Erni Fitriani)
Pembagian daging kurban dari Pondok Pesantren Darul Hikam Mangli Jember. (Foto: NOJ/ Lutvi Hendrawan dan Erni Fitriani)

Jember, NU Online Jatim

Pondok Pesantren Darul Hikam Mangli Jember bersama Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) – Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) setempat menyalurkan daging kurban ke berbagai daerah. Adapun daerah yang menjadi priritas pendistribusian daging ini yang merupakan kategori wilayah pelosok.


Pembagian daging kurban tersebut di antaranya di Kecamatan Mangli, Ajung, Kaliwates, Ledokomo, Mayang, Silo, Jenggawah, dan beberapa daerah lainnya.


Penyembelihan hewan kurban berlangsung di Pondok Pesantren Darul Hikam Cabang Putra Ajung pada Ahad hingga Senin (10-11/07/2022). Pada hari itu pula pembagian daging kurban dilaksanakan yang bertepatan dengan acara Haul Pesantren Darul Hikam.


Pengasuh Pondok Pesantren Darul Hikam Mangli Jember, KH M Noor Harisuddin menuturkan, setidaknya terdapat 150 bungkus daging kurban yang dibagikan kepada para dhuafa di berbagai daerah.


“Tentu kita berharap keberkahan dan keistiqomahan atas kurban tahun ini. Setiap daging yang kami kumpulkan akan disebarkan kepada para dhuafa yang membutuhkan uluran tangan kita,” kata Kiai Haris.


Kiai yang juga Wakil Ketua Pengurus Wilayah (PW) Lembaga Dakwah Nahdlatul Ulama (LDNU) Jawa Timur tersebut menegaskan, pendistribusian daging kurban fokus pada daerah pelosok atau pinggir pusat perkotaan.

 

Menurutnya, selama ini cukup banyak daging kurban yang hanya menyisir daerah perkotaan. Padahal daerah-daerah di pelosok cukup sulit untuk mendapatkan daging kurban. Meskipun mereka membutuhkan pembagian daging kurban.


“Selama ini banyak daging kurban numpuk di kota, sedangkan di pelosok-pelosok daerah jarang atau bahkan tidak pernah ada sama sekali. Jadi Darul Hikam dibantu oleh PC IPNU-IPPNU Jember mencoba untuk memberi, berbagi, dan menyapa saudara-saudara kita yang ada di pelosok. Semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah dan Pondok Darul Hikam dapat membawa banyak manfaat untuk masyarakat sekitar hingga masa mendatang,” ungkap Kiai Haris.


Sementara itu, Ketua PC IPNU Jember, Alfan mengatakan, sebagai sesama umat Islam pihaknya siap untuk menjadi penyalur daging kurban di masa yang akan datang.


“Kerja sama ini sungguh sangat bermanfaat. Kami bersama pengurus terus berusaha untuk bermanfaat kepada umat. Semoga program seperti ini bisa terus dilanjutkan guna menebarkan kebaikan kepada umat  Islam,” pungkasnya.


Penulis: Lutvi Hendrawan dan Erni Fitriani


Editor:

Tapal Kuda Terbaru