• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 15 Agustus 2022

Tapal Kuda

Sambut Idul Adha, LTMNU Pasuruan Gelar Halaqah Penyembelihan Kurban

Sambut Idul Adha, LTMNU Pasuruan Gelar Halaqah Penyembelihan Kurban
LTMNU Kabupaten Pasuruan terpanggil menggelar halaqah penyembelihan.  (Foto: NOJ/Kholik)
LTMNU Kabupaten Pasuruan terpanggil menggelar halaqah penyembelihan.  (Foto: NOJ/Kholik)

Pasuruan, NU Online Jatim
Pimpinan Cabang (PC) Lembaga Takmir Masjid Nahdlatul Ulama (LTMNU) Kabupaten Pasuruan mengelar halaqah diniyah. Kali ini dengan tema 'Menanta Penyembelihan Qurban secara Syar'i di area Masjid'. Acara dipusatkan di aula KH Ahmad Djufri kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kabupaten Pasuruan, Ahad (26/06/2022).


Ketua PC LTMNU Kabupaten Pasuruan, Gus Mundzir Muslich menjelaskan sebenarnya lembaga ini tidak ada kaitannya dengan penyembelihan. Namun dua syariat Islam ini banyak dikelola oleh pengurus masjid.


"Kebanyakan panitia zakat dan kurban adalah pengurus masjid. Oleh karena itu, LTMNU merasa terpanggil untuk menggelar halaqah ini karena banyak pengurus masjid yang tidak mengerti tata caranya," katanya.


Sementara Wakil Bupati Pasuruan, KH Mujib Imron mengapresiasi kegiatan halqah diniyah ini. Menurutnya hal yang perlu diperhatikan dalam berkurban adalah kehalalan dagingnya. Untuk itu kegiatan harus berkelanjutan dan tidak berhenti di aula PCNU Kabupaten Pasuruan saja.


"Rasulullah SAW sudah mengajarkan kepada kita bagaimana cara menyembelih hewan kurban dan diajarkan oleh para guru kita melalui kitab kuning. Namun, kita tidak pernah memperktikkan. Mudah-mudahan kegiatan ini menjadi jawabannya," harap dia.


Menurutnya dengan mengikuti pelatihan, pengurus masjid mengetahui tata cara menyembelih hewan kurban. Namun yang jarang diketahui orang tata cara menyembelih ayam, hal itu dikarenakan permintaan pasar yang cukup banyak.


"Di pasar pasar itu banyak pedagang ayam yang menyembelih seperti mematahkan rengginang," katanya prihatin.


Gus Mujib berharap kepada LTMNU Kabupaten Pasuruan untuk bekerja sama dengan dinas peternakan untuk menggelar pelatihan tata cara menyembelih hewan ternak dan kurban.


"Kami sangat bersyukur bila LTMNU bisa bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Pasuruan dan kami siap memfasilitasi apa yang dibutuhkan,” pungkasnya.


Editor:

Tapal Kuda Terbaru