• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 26 Juni 2022

Tapal Kuda

Santri Al-Yasini Pasuruan Hatamkan Kitab Kisah Isra' Mi'raj Seharian

Santri Al-Yasini Pasuruan Hatamkan Kitab Kisah Isra' Mi'raj Seharian
Hataman Kitab ad-Dardir ‘ala Qishshati al-Mi’raj seharian penuh oleh santri PPT Al-Yasini, Wonorejo, Kabupaten Pasuruan. (Foto: NOJ/ Makhfud Syawaludin)
Hataman Kitab ad-Dardir ‘ala Qishshati al-Mi’raj seharian penuh oleh santri PPT Al-Yasini, Wonorejo, Kabupaten Pasuruan. (Foto: NOJ/ Makhfud Syawaludin)

Pasuruan, NU Online Jatim

Santri Pondok Pesantren Terpadu (PPT) Al-Yasini Desa Areng-Areng, Kecamatan Wonorejo, Kabupaten Pasuruan, istiqamah memperingati Isra' Mi'raj Nabi Muhammad SAW dengan menghatamkan Kitab ad-Dardir ‘ala Qishshati al-Mi’raj. Kegiatan yang terpusat di masjid pesantren setempat ini dilakukan sejak pagi hingga jelang Maghrib.


“Kegiatan ini sudah rutin dilakukan setiap tahun. Seharian ngaji kitab hingga hatam. Malamnya ada pengajian umum," kata Pengurus Pesantren Al-Yasini Achmad Dauri M, kepada NU Online Jatim, Rabu (02/03/2022).


Ia juga menceritakan, kisah yang berkesan bagi santri dalam kitab karya Sayyid Imam Ad-Dardiri itu ialah sewaktu Rasulullah tiba di Baitul Maqdis (sekarang Masjid Al-Aqso, Palestina), sebelum naik ke Sidrotul Muntaha. Kala itu, Nabi Muhammad SAW bersama Malaikat Jibril melaksanakan shalat berjamaah terlebih dahulu bersama nabi-nabi terdahulu.


"Rasulullah ditarik tangannya oleh Malaikat Jibril untuk menjadi imam shalat. Hal ini menjadi bukti bahwasanya Rasulullah SAW adalah Nabi dan imam seluruh utusan dan umat," tuturnya.


Ia pun menambahkan, bahwa Majelis Pengasuh PPT Al-Yasini KH Abdul Mujib Imron saat pengajian umum pada Senin (28/02/2022) malam banyak mengulas tata cara meningkatkan kualitas kekhusyukan dalam shalat.


"Pesan saya kepada santri untuk selalu meningkatkan kualitas shalat. Dengan cara menghafalkan arti dari lafadz-lafadz shalat itu. Mulai dari takbiratul ihram hingga salam. Insyaallah dengan car aini kita bisa khusyuk," ujarnya menirukan perkataan Kiai Mujib.


Untuk diketahui, turut hadir dalam kegiatan tersebut jajaran Majelis Pengasuh PPT Al-Yasini, yaitu KH Fuadi Imron, Gus H Nur Solikin, Gus H Ali Wafi, Gus Burhanul Amal Cholil, dan Gus Najich Syamsuddin.


Selain itu, hadir pula KH Badrus Sofi dari Rembang, Pasuruan sebagai penceramah dalam kegiatan tersebut. Serta, jajaran pengurus dan ribuan santri pesantren setempat.


Tapal Kuda Terbaru