• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 19 Agustus 2022

Tapal Kuda

Sarbumusi NU Kota Probolinggo Terbentuk, Ini Pesan DPW Jatim

Sarbumusi NU Kota Probolinggo Terbentuk, Ini Pesan DPW Jatim
Suasana Konfercab DPC Sarbumusi NU Kota Probolinggo, Jumat (05/08/2022). (Foto: NOJ/ Ade Nurwahyudi)
Suasana Konfercab DPC Sarbumusi NU Kota Probolinggo, Jumat (05/08/2022). (Foto: NOJ/ Ade Nurwahyudi)

Probolinggo, NU Online Jatim

Dewan Pengurus Cabang (DPC) Serikat Buruh Muslimin Indonesia (Sarbumusi) Nahdlatul Ulama (NU) Kota Probolinggo kini resmi terbentuk. Pengurus menggelar Konferensi Cabang (Konfercab) di Aula Kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) setempat, Jumat (05/08/2022).


Sekertaris DPW Sarbumusi NU Jawa Timur, Imam Mukhlas mengatakan, Sarbumusi ini merupakan Badan Otonom (Banom) NU. Tentunya mempunyai kewajiban moral untuk mengambil peran di dalam  memperjuangkan hak serta kepentingan para pekerja  yang notabenenya adalah Nahdiyin.


“Oleh karena itu, semangat temen-temen harus kerja keras dan istiqamah di seluruh jajaran pengurus nantinya. Baik di tingkat kabupaten dan  kota ini akhirnya menjadi penting adanya,” katanya.


Menurutnya, sesungguhnya tidak cukup semangat bagi pengurus. Tetapi meraka harus banyak belajar. Sebab undang-undang perburuhan dinamis atau sering berubah. Selain itu, problem yang dihadapi butuh di lapangan juga lebih dinamis. "Maka dibutuhkan semangat dan istiqomah," pintanya.


Mukhlas mengingatkan, Sarbumusi itu didirikan oleh para ulama NU pada tahun 1955. Di mana Sarbumusi ditugaskan untuk mengurus persoalan-persoalan perburuhan. Hal ini tentu menjadi pembeda dengan Banom-banom NU lainnya.


"Tapi di Sarbumusi ditugasi untuk memperjuangkan hak dan kepentingan para pekerja," tegasnya.


Di antara problem perburuhan yang bisa dikawal Sarbumusi yaitu isu satu upah, jam kerja buruh, tunjangan hari raya (THR) bagi buruh, status hubungan kerja dan lainnya.


Sementara itu, Seketaris PCNU Kota Probolinggo H Ilyas Rolis dalam sambutannya mengatakan, alangkah bahagianya dirinya bisa bersilaturahim dengan pengurus DPW Sarbumusi NU Jatim untuk bersama-sama membangun satu perkumpulan yang sudah hampir sepuluh tahun di Kota Probolinggo belum aktif.


Menurutnya, eksistensi organisasi itu tidak hanya ada pada saat konferensi cabang dan pelantikan, tetapi di tengah-tengah perjalanan kepengurusan apabila  sesuai arah dan cita-cita perjuangan harus dikawal bersama.


"Apalagi menyangkut hak-hak mendasar dari para perkerja yang menjadi medan perjuangan Sarbumusi NU, khusunya di Kota Probolinggo," ungkapnya.


Oleh sebab itu, Sarbumusi ke depannya mempunyai tugas-tugas yang penting untuk mengangkat harkat dan martabat para pekerja.


Selain dihadiri tim DPW Sarbumusi Jatim, kegiatan ini juga dihadiri jajaran PCNU Kota Probolinggo, perwakilan Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU), Pergerakan Mahasiswa Islam Indonesia (PMII), pengurus Lembaga Amil Zakat Infaq Sedekah Nahdlatul Ulama (LAZISNU) Kota Probolinggo serta undangan lainnya.


Konfercab ini juga menetapkan Salamul Huda sebagai Ketua DPC Sarbumusi NU Kota Probolinggo periode 2022-2027.


Editor:

Tapal Kuda Terbaru