• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 6 Februari 2023

Tapal Kuda

SDI Tarbiyatus Salafiyah Pasuruan, Semangat Sambut Tahun Ajaran Baru

SDI Tarbiyatus Salafiyah Pasuruan, Semangat Sambut Tahun Ajaran Baru
Hari pertama sekolah di SDI Tarbiyatus Salafiyah Pasuruan. (Foto: NOJ/Winda)
Hari pertama sekolah di SDI Tarbiyatus Salafiyah Pasuruan. (Foto: NOJ/Winda)

Pasuruan, NU Online Jatim
Senin (18/07/2022) adalah hari pertama masuk sekolah, salah satunya tingkat Sekolah Dasar (SD). Sungguh suatu hari yang dinanti baik oleh seluruh warga sekolah  setelah libur panjang akhir tahun ajaran yang bersamaan dengan hari raya Idul Adha. 

 

Di Sekolah Dasar Islam (SDI) Tarbiyatus Salafiyah Kota Pasuruan, dengan wajah gembira dan penuh semangat siswa baru datang untuk melaksanakan Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS).

 

Siswa-siswi yang hadir disambut oleh dewan guru, mereka saling bersalaman dan  diarahkan kelas masing-masing, sebelum kegiatan apel dimulai. Kegiatan apel dimulai pukul 07.00 WIB yang dipimpin langsung oleh Direktur Pendidikan Tarbiyatus Salafiyah, Ustadz Herman Felani. 

 

Tepat pukul 07.00 dimulai kegiatan apel pagi yang di ikuti seluruh siswa-siswi Yayasan Tarbiyatus Salafiyah, dimulai dari RA, SDI, SMPI dan MA. Seluruh warga sekolah Tarbiyatus Salafiyah mengikuti apel dilaksanakan lapangan sekolah tersebut. 

 

Dalam sambutan Direktur Pendidikan, Ustadz Herman Felani mengatakan, selamat datang kepada siswa-siswi baru dan selamat belajar di lingkungan Pondok Pesantren Tarbiyatus Salafiyah. 

 

"Semua dewan guru di sini memaksimalkan mendidik kalian semua. Anak-anakku setiap langkah kalian untuk menuntut ilmu, setiap tetesan keringat kalian insyaallah akan mendapatkan pahala dari Allah SWT," katanya.

 

Setelah kegiatan apel, siswa-siswi memasuki kelas masing-masing untuk mengikuti kegiatan MPLS. Terlihat dalam kelas mereka melakukan perkenalan, saling akrab menyapa temannya. Untuk siswa-siswi yang baru, mereka keliling lingkungan sekolah bersama wali kelasnya mengenalkan ruang-ruang yang ada di sekolah. 

 

Kepala Sekolah SDI Tarbiyatus Salafiyah, Novi Dwi Ariska mengungkapkan bahwa banyak persiapan dalam menyambut ajaran tahun 2022-2023. Antara lain mempersiapkan MPLS, peningkatan sarana prasarana, kesiapan program sekolah tahun ajaran 2022-2023, kesiapan mentalitas pendidik dan proker guru yang sudah banyak perubahan dibandingkan tahun lalu.

 

"Menyambut ajaran baru ini prosesnya sangat menyenangkan, diawali dengan penyambutan siswa baru oleh dewan guru, tetap patuhi protokol kesehatan, apel pagi sebagai ucapan selamat datang dan penyampaian informasi terkait MPLS dan beberapa program sekolah," ungkapnya kepada NU Online Jatim pagi hari. 

 

Pada tahun ajaran 2022-2023 terdapat 23 siswa baru yang mendaftarkan di SDI Tarbiyatus Salafiyah Kota Pasuruan dan ada enam siswa pindahan untuk melanjutkan sekolah di SDI Tarbiyatus Salafiyah Kota Pasuruan. 

 

"Alhamdulillah, sekolah kami ada 23 siswa baru untuk kelas 1 yang mendaftar dan 6 siswa pindahan," ucapnya. 

 

Kegiatan MPLS tersebut berjalan selama tiga hari, di hari tersebut siswa-siswinya diberikan pengenalan dan pendekatan yang baik, agar nyaman dan senang mencari ilmu di sekolah tersebut. 

 

"Dan tak lupa juga untuk dewan gurunya agar memotivasi dengan saling sharing dan peduli, terus melakukan pendekatan secara kekeluargaan, membuat kegiatan menyenangkan yang tidak hanya disukai siswa-siswi namun juga disukai guru, memberikan edukasi motivasi mengenai makna ikhlas bahwa apa yang kita tanam hari ini suatu saat akan kita panen," pungkasnya. 


Tapal Kuda Terbaru