• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 5 Desember 2022

Tapal Kuda

Semangat Nahdliyin di Lumajang Sukseskan Pembuatan Kartanu

Semangat Nahdliyin di Lumajang Sukseskan Pembuatan Kartanu
Prosesi pengurusan Kartanu di Desa Wotgalih, Kecamatan Yosowilangun, Kabupaten Lumajang, Jumat (20/08/2021). (Foto: NOJ/ Imam Malik Hakim).
Prosesi pengurusan Kartanu di Desa Wotgalih, Kecamatan Yosowilangun, Kabupaten Lumajang, Jumat (20/08/2021). (Foto: NOJ/ Imam Malik Hakim).

Lumajang, NU Online Jatim                                 

 Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU) Wotgalih Kecamatan Yosowilangun Kabupaten Lumajang melaksanakan sensus Nahdliyin dengan pembuatan Kartu Tanda Anggota NU (Kartanu), Jumat (20/08/2021). Kegiatan yang juga diikuti Badan Otonom (Banom) NU ini dilaksanakan di Mushala Alm H Nasarudin.

 

“Sensus ini sangat penting bagi warga NU di Desa Wotgalih karena untuk melegalitaskan bahwa mereka benar-benar warga NU. Tidak hanya terfokus pada pengurus NU tetapi lebih kepada kader yang baru jadi anggota NU dan seluruh warga NU di Desa Wotgalih,” kata Ervan Adi Prayitno, Sekretaris PRNU Wotgalih.

 

Ia menambahkan bahwa adanya pendataan warga NU dengan pembuatan Kartanu supaya Nahdliyin memiliki identitas dan sanad atau runtutannya keanggotaan yang terorganisir.

 

“Karena selama ini mereka sering mengaku bahwa sebagai orang NU, tetapi nyatanya mereka tidak mengerti tentang Kartanu. Dengan adanya pendataan ini maka kita bisa melihat data, mana yang benar-benar warga NU atau hanya mengaku jadi warga NU,” imbuh Ervan.

 

Adapun program pembuatan Kartanu ini merupakan instruksi dari Pengurus Cabang (PC) Lembaga Kajian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (Lakpesdam) NU Kabupaten Lumajang.

 

“Program ini kami galakkan dari perintah Lakpesdam NU Lumajang yang bersinergi dengan pengurus ranting di Wotgalih untuk mendata warga NU, yang dianggap sah setelah memiliki kartu Kartanu,” ungkap Ervan.

 

Kegiatan ini diikuti 50 orang lebih yang sudah terdata di aplikasi. Sedangkan yang mengisi formulir wajib datang ke lokasi supaya semua data terekam dengan baik secara aplikasi maupun administrasi.

 

 

“Semoga dengan adanya data Kartanu warga NU semakin semangat dalam mengabdi di Banom. Serta dapat bermanfaat bagi masyarakat secara umum,” kata Baharuddin, Ketua Pimpinan Cabang Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) Lumajang yang juga ikut dalam kegiatan tersebut.

 

Penulis: Imam Malik Hakim

Editor: Romza


Editor:

Tapal Kuda Terbaru