• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 1 Oktober 2022

Tapal Kuda

Silaturahim dengan Tokoh Agama, Upaya Bupati Banyuwangi Rajut Harmoni

Silaturahim dengan Tokoh Agama, Upaya Bupati Banyuwangi Rajut Harmoni
Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani. (Foto: Istimewa).
Bupati Banyuwangi, Ipuk Fiestiandani. (Foto: Istimewa).

Banyuwangi, NU Online Jatim

Bupati Banyuwangi Ipuk Fiestiandani secara rutin mengagendakan berkantor di desa-desa. Kesempatan itu dimanfaatkan dengan selalu diiringi dengan silaturahim kepada tokoh agama.

 

Seperti yang dilakukan saat berkantor di Desa Karangdoro, Kecamatan Tegalsari. Tidak hanya diisi dengan beragam pelayanan publik, namun juga diisi dengan bersilaturahim dengan sejumlah tokoh agama.

 

“Insya Allah silaturahim tokoh agama ini rutin dilakukan saat berkantor di desa. Ini bagian dari merajut harmoni di Banyuwangi,” ujar Bupati Ipuk, dilansir kominfo.jatimprov.go.id, Selasa (22/06/2021)

.

Para tokoh agama di kampung-kampung, lanjut Ipuk, merupakan figur yang senantiasa berinteraksi dengan masyarakat. Sehingga kerap menjadi panutan bagi masyarakat di daerahnya.

 

“Beliau-beliau adalah ujung tombak untuk mewujudkan harmoni di tengah masyarakat,” ungkapnya.

 

Dalam kesempatan tersebut, Ipuk menyampaikan sejumlah program dan tantangan yang sedang dihadapi oleh pemerintah. Dari program tersebut, Ipuk mengajak para tokoh agama untuk turut mensosialisasikannya serta dapat mengurai tantangan di tengah masyarakat.

 

“Banyak persoalan yang dihadapi bangsa Indonesia. Seperti halnya tentang intoleransi dan lain sebagainya. Selama ini, masalah itu hanya berkutat di kalangan elite. Padahal sangat penting untuk disampaikan ke desa agar dipahami semuanya,” paparnya.

 

Tentang protokol kesehatan juga diingatkan agar dipatuhi oleh masyarakat. “Kami juga meminta tolong kepada para tokoh agama agar berkenan mengajak jamaahnya untuk selalu patuh pada protokol kesehatan,” imbuhnya.

 

Di Desa Karangdoro, Bupati Ipuk bersilaturahmi dengan sejumlah tokoh agama. Ia sowan ke kediaman Kiai Malik dan Kiai Fadlil di Karangdoro. Tak lupa pula ia juga bertemu ibu-ibu Muslimat NU Karangdoro di Masjid Fajar Shodiq.

 

Selain itu, Bupati Banyuwangi juga bersilaturahim ke Pesantren Darussalam, Blokagungmendatangi komunitas Hindu dan ke kediaman Romo Mangku Ngatimun.

 

 

Meski berlangsung singkat di setiap pertemuannya, para tokoh agama tersebut, menyambut positif kunjungan Bupati Ipuk.

 

Menurut Kiai Malik, hal semacam ini menjadi dorongan bagi pihaknya untuk turut berkontribusi menjaga kerukunan dan terus mengabdi ke masyarakat.

 

Bahkan, Kiai Malik pun mendoakan, agar orang nomor satu di Banyuwangi itu, tetap diberikan kesehatan untuk memimpin daerah di ujung timur Pulau Jawa tersebut.

 

"Semoga Ibu Bupati selalu diberikan kesehatan dan semua aktivitas kesehariannya dilancarkan. Amin," pungkasnya.


Tapal Kuda Terbaru