• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 15 Agustus 2022

Tapal Kuda

Silaturahim ke KUA, Ansor di Jember Siap Perkuat Moderasi Beragama

Silaturahim ke KUA, Ansor di Jember Siap Perkuat Moderasi Beragama
PAC GP Ansor Semboro, Jember silaturahim ke Kantor KUA setempat. (Foto: NOJ/ Habib Aziz Ar Rozi)
PAC GP Ansor Semboro, Jember silaturahim ke Kantor KUA setempat. (Foto: NOJ/ Habib Aziz Ar Rozi)

Jember, NU Online Jatim
Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Semboro, Jember melakukan silaturahim ke Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Semboro, Jember pada Senin (13/06/2022). Rombongan PAC GP Ansor Semboro ini diterima oleh Multazam, Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Semboro.


Dalam kesempatan itu, Multazam mengajak GP Ansor Semboro untuk berkolaborasi dalam mensosialisasikan dan memperkuat moderasi beragama di tengah masyarakat. Hal tersebut mengingat potensi penyebaran paham ekstrem yang bertentangan dengan ideologi Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI), masih kerap ditemui di berbagai daerah.


“Jadi, moderasi beragama terhadap toleransi merupakan cara terbaik menghadapi radikalisme agama yang mengancam kehidupan beragama, berbangsa dan bernegara,” ujarnya.


Alumnus Universitas Islam Negeri (UIN) Kiai Haji Achmad Siddiq (KHAS) Jember ini menegaskan, harus ada langkah-langkah taktis dan strategis untuk meningkatkan moderasi beragama di masyarakat.


“Di antaranya, pertama, membiasakan tabayyun terhadap informasi-informasi yang beredar terutama di medsos,” ucapnya.


Kedua, menanamkan sikap toleran dan eksklusif kepada masyarakat dengan cara sosialisasi dan membangun kesepahaman untuk saling menghormati dan menghargai orang lain.


Ketiga, melakukan bimbingan dan pendampingan terhadap masyarakat yang bersikap intoleran dan yang mempunyai kecenderungan berpikiran ekstrem, serta usaha-usaha lainnya sebagai upaya dalam penguatan moderasi beragama di masyarakat.


"Dalam hal ini, GP Ansor adalah ormas yang langsung bersentuhan dengan masyarakat yang sudah tidak diragukan lagi jiwa nasionalismenya," tuturnya.


Untuk itu pihaknya berharap agar GP Ansor juga ikut serta dalam sosialisasi dan penguatan moderasi beragama di tengah-tengah masyarakat.


Sementara Ketua PAC GP Ansor Semboro, Imam Syafi'i menyambut baik hal itu. Menurutnya, visi moderasi beragama memang menjadi garapan utama Ansor selama ini. Sehingga sinergi bersama KUA Kecamatan Semboro nantinya akan menguatkan moderasi beragama.


"Kami siap bersinergi, sharing program demi mewujudkan kondusifitas kerukunan umat beragama dan menjaga keutuhan NKRI," tegas Imam.


Tidak hanya bersama KUA, pihaknya juga menegaskan siap berkolaborasi dengan instansi manapun dalam memperkuat pemahaman moderasi beragama dan menjaga kerukunan antar umat beragama di Kecamatan Semboro.


Sebab ia menilai, saat ini adalah momentum yang tepat menggencarkan pemahaman Islam moderat. Yakni paham keagamaan yang sangat relevan dalam konteks keberagaman dalam segala aspek, baik agama, adat istiadat, suku, dan bangsa.


"Sebagai banom NU, Ansor juga senantiasa berpegang teguh pada nilai-nilai Islam Ahlussunnah wal Jamaah yang di dalamnya mengajarkan banyak hal tentang moderasi beragama,” tutupnya.


Penulis: Habib Aziz Ar Rozi


Tapal Kuda Terbaru