• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 27 September 2022

Tapal Kuda

Ulama Ahli Sastra Arab Asal Lumajang, KH M Adnan Syarif Tutup Usia

Ulama Ahli Sastra Arab Asal Lumajang, KH M Adnan Syarif Tutup Usia
Foto: Tim Kreatif NU Online Jatim
Foto: Tim Kreatif NU Online Jatim

Lumajang, NU Online Jatim

Setelah kabar duka dari Kota Kediri atas wafatnya KH Abdul Latif Madjid, kini informasi yang sama juga datang dari Kabupaten Lumajang. KH M Adnan Syarif, Pengasuh Pesantren Kiyai Syarifuddin Kerdungjajang, Kabupaten Lumajang telah tutup usia, Senin (23/11/2020).

 

Rencananya KH M Adnan Syarif akan dikebumikan pada besok pukul 08.00 WIB di komplek Pondok Pesantren Kyai Sarifuddin.

 

Kabar meninggalnya Kiai Adnan Syarif telah beredar di berbagai jenis media sosial (medsos), terutama Whatsapp Group. Termasuk terkonfirmasi melalui postingan akun instagram Institut Agama Islam (IAI) Syarifuddin Lumajang. Dalam postingan foto tertulis informasi tentang wafatnya Kiai Adnan Syarif yang tak lain Rektor IAI Syarifuddin Lumajang.

 

Informasi inipun juga dibenarkan oleh KH Ali Tsauri Abdul Djalil, Dosen LPBA Masjid Agung Sunan Ampel Surabaya yang tak lain sahabat dari KH Adnan Syarif. Kiai Ali Tsauri menyampaikan ungkapan duka yang mendalam melalui salah satu Whatsapp Group.

 

"KH M Adnan Syarif  Lumajang telah wafat saat ini juga, semoga beliau diberi tempat tertinggi di surga. Saya mendapat kabar dari teman-teman di LPBA Masjid Agung Sunan Ampel," tulis Ali Tsauri.

 

Berdasar data yang dihimpun, Kiai Adnan Syarif dikenal sebagai ulama ahli Sastra Arab. Salah satu karya almarhum yang sangat fenomenal adalah Sholawat Uhudiyah. Karya yang membuat para ahli Bahasa Arab mengira bahwa Kiai Adnan Syarif adalah orang Arab asli bukan Azam (non Arab).

 

 
 
Abdullah Sattar, salah satu santri almarhum di LPBA Masjid Agung Sunan Ampel Surabaya menjelaskan, Kiai Adnan Syarif adalah orang yang baik dan dan mudah bergaul.

 

"Ikut berduka cita atas wafatnya KH M Adnan Syarif. Saya bersaksi, beliau orang yang baik, saleh, menyenangkan banyak orang. Semoga diampuni segala dosanya, diluaskan kuburannya dan ditempatkan di surga Allah SWT,” kata Sattar.


Editor:

Tapal Kuda Terbaru