• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 19 Agustus 2022

Jujugan

Asyiknya Liburan Keluarga di Kebun Binatang Surabaya sambil Edukasi

Asyiknya Liburan Keluarga di Kebun Binatang Surabaya sambil Edukasi
Suasana hewan di Kebun Binatang Surabaya. (Foto: NOJ/Firdausi)
Suasana hewan di Kebun Binatang Surabaya. (Foto: NOJ/Firdausi)

Surabaya, NU Online Jatim
Kebun Binatang Surabaya (KBS) atau Surabaya Zoo merupakan kebun binatang yang terletak di Kecamatan Wonokromo, Kota Surabaya. Semenjak adanya pandemi, KBS tutup sementara untuk memutus mata rantai Covid-19.


Dibukanya kembali KBS tersebut mendapat respon positif dari berbagai warga di Jawa Timur. Selain hari libur, termasuk di hari sabtu loket karcis tunai dan non tunai ramai pengunjung yang mengajak anaknya untuk mengenalkan satwa-satwa yang di lindungi.


Pengunjung asal Kabupaten Sumenep, Madura, Diana Ningsih mengatakan, harga tiket masuk kesana terbilang ramah di kantong Rp 15.000. Baginya, KBS menjadi tempat liburan yang menyenangkan bagi keluarga dan anak.


"Kedatangan kami ke sini adalah ingin menepati janji pada anak, jika ranking 1 di kelasnya, akan saya ajak ke KBS. Di sini memberikan paket edukasi dan layanan permainan, seperti perpustakaan, museum, kolam renang untuk anak, aquarium, taman anak, wisata perahu, dan lainnya," ujarnya saat dikonfirmasi NU Online Jatim, Sabtu (03/07/2022).


Tak hanya itu, banyak sekali spot selfie yang bisa ditemukan, seperti patung kuda, jerapah, anjing laut, hutan-hutanan, dan lainnya. Pengelola KBS mengimbau kepada pengunjung agar tidak membuang sampah sembarangan dan merokok guna menjaga area hijau dan kesehatan satwa.


“Bahkan, pengunjung tidak di perkenankan memberi makan hewan, kecuali di momen tertentu, misalnya saat libur nasional,” terangnya.


Dijelaskan, banyak sekali tempat duduk atau peristirahatan, sehingga dirinya bertamasya bersama keluarga dengan membawa bekal sendiri sambil menikmati pemandangan yang rindang tanpa asap rokok.


"Bagi para pelancong ingin berlibur ke sini, jangan lupa bawa masker, karena saat masuk ke area unggas atau burung, baunya lumayan menyengat ke hidung," ungkapnya.


Ningsih menambahkan, ada beberapa tempat tinggal hewan yang di renovasi, sehingga kedua putranya penasaran dan ingin sekali melihat satwa tersebut. Selama berlibur ke KBS, ia tidak pernah takut tersesat. Hampir di beberapa tempat ada petunjuk jalan yang bisa membantu melihat satwa reptil, melata, unggas, dan lain-lainnya.


"Usai keluar dari pintu keluar, kami bisa mengabadikan foto selfie kita bersama keluarga di depan ikon kota legendaris, yakni ikan Suro dan Boyo. Murah kok, cukup membayar 10 ribu," tandasnya.


Diketahui, KBS di buka pada pukul 08.00-16.00 WIB saat weekdays, jika weekend pukul 07.30-16.30 WIB. Banyak sekali binatang yang bisa dijumpai dan dijadikan bahan edukasi pada anak usia dini, seperti jerapah, harimau, singa, unta, zebra, rusa, komodo, beruang madu, monyet, orang hutan, anoa, racun, bahkan aneka burung dan satwa air akan memanjakan anak.


Jujugan Terbaru