• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 7 Oktober 2022

Jujugan

Es Buah Bar-bar Prasmanan, Takjil Segar dan Maknyus di Pasuruan

Es Buah Bar-bar Prasmanan, Takjil Segar dan Maknyus di Pasuruan
Es Buah Bar-bar Prasmanan di Kota Pasuruan ramai pembeli. (Foto: NOJ/ Winda Badiatul Jamilah)
Es Buah Bar-bar Prasmanan di Kota Pasuruan ramai pembeli. (Foto: NOJ/ Winda Badiatul Jamilah)

Pasuruan, NU Online Jatim
Ngabuburit salah satu kegiatan seru selama bulan Ramadhan untuk menunggu bedug Maghrib. Apalagi saat ini memasuki akhir-akhir bulan Ramadhan 1443 Hijriyah. Biasanya, sejumlah warga mengisi waktu ngabuburit dengan mendatangi pasar takjil yang murah dan mudah dijangkau.


Salah satu takjil yang layak didatangi ialah Es Buah Bar-bar Prasmanan. Lokasinya terletak di Jalan Gatot Subroto, depan Rusunawa Petahunan, Kota Pasuruan. Uniknya, Es Buah Bar-bar Prasmanan pembeli dapat memilih dan mengambil sendiri buah yang diinginkan.


Muhammad Sahrul Huda, Penjual Es Buah Bar-bar Prasmanan mengatakan saat ini dirinya berjualan hanya untuk bulan Ramadhan. Ia pun mengaku belum tahu pasca Ramadhan ke depan akan dilanjutkan atau tidak.


"Saya berjualan ini selama bulan Ramadhan saja, karena terkendala dengan tempat dan masih ada kesibukan untuk menyelesaikan tugas akhir kuliah," kata Sahrul kepada NU Online Jatim, Ahad (01/05/2022).


Sahrul menuturkan, bahwa ide untuk berjualan es buah dengan cara prasmanan (pembeli bisa mengambil sendiri) tersebut terinspirasi dari nonton di sebuah kanal youtube. Karena dianggap mengandung unsur kebaruan dan belum ada yang melakukannya, akhirnya dirinya memutuskan berjualan dengan cara demikian.


“Saya jualan es buah dengan cara prasmanan. Karena saya rasa di Kota Pasuruan belum ada yang julan es buah seperti dan pembeli ambil sendiri," imbuhnya.


Disebutkan, bahwa Es buah Bar-bar Prasmanan ini dijual dengan harga cukup terjangkau, yakni Rp5 ribu per gelas. Menurutnya, dengan uang Rp5 ribu pembeli sudah dapat memilih isi es buah sesuka hati.


"Pembeli boleh memilih dan ambil buah yang mereka suka, asalkan stok masih tersedia. Dalam sehari pihaknya menyediakan sekitar 150-200 cup gelas,” ungkap Sahrul.


Sahrul mengatakan, bahwa usahanya tersebut dilakukan bersama seorang kawannya yang bernama Aji. Keduanya saling bekerja sama mulai dari persiapan sebelum jualan hinggal dalam melayani pembeli.


"Saya berjualan Es Buah Bar-bar Prasmanan ini bersama Aji. Aji ini teman saya, usianya sekarang baru 23 tahun," pungkasnya.


Jujugan Terbaru