• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Rabu, 28 September 2022

Jujugan

Menikmati Indahnya Pantai Lombang Sambil Berkuda saat Lebaran Ketupat

Menikmati Indahnya Pantai Lombang Sambil Berkuda saat Lebaran Ketupat
Suasana Pantai Lombang. (Foto: NOJ/ Moh Khairus Shodiqin)
Suasana Pantai Lombang. (Foto: NOJ/ Moh Khairus Shodiqin)

Sumenep, NU Online Jatim
Lebaran ketupat menjadi tradisi yang selalu diperingati oleh masyarakat Indonesia, termasuk warga Madura. Banyak cara yang dapat dilakukan untuk mengisi momen tahunan ini, salah satunya dengan menikmati keindahan Pantai Lombang di Kabupaten Sumenep bersama sanak keluarga. 


Pantai Lombang merupakan salah satu destinasi wisata yang kerap dipadati pengunjung saat lebaran ketupat tiba. Pantai ini berada di ujung timur daya Kabupaten Sumenep, tepatnya di Desa Lombang, Kecamatan Batang-Batang.


Dari pusat kota Sumenep jaraknya sekitar 27,8 kilometer ke arah timur daya. Perjalanan menggunakan kendaraan pribadi dapat ditempuh sekitar satu jam. Jika ditempuh dari Jembatan Suramadu, jaraknya sekitar 182 kilometer. Sekitar 4-5 jam perjalanan dengan kendaraan pribadi.


Di Pantai Lombang Anda akan disuguhi pemandangan hamparan pasir putih, jernihnya air laut dan cemara udang yang memanjakan mata. Tiket masuk kawasan ini di hari biasa seharga Rp5 ribu per orang. Sementara di waktu liburan seperti saat ini per orang dipatok harga Rp18 ribu.


Jika Anda ingin mengitari bibir pantai sambil berkuda, bisa mengeluarkan biaya tambahan senilai Rp15-20 ribu, tergantung jarak yang ditempuh. 


Mughnil Muhtaj, salah satu pengunjung Pantai Lombang mengaku sangat menikmati suasana di lokasi. Menurutnya, salah satu ciri khas pantai ini adalah cemara udang yang memadati bibir pantai. 


Selain keindahannya, lanjut dia, pantai menjadi salah satu media berkomunikasi dengan alam dan memperbanyak syukur atas ciptaan Tuhan. 


"Sangat bersyukur di Sumenep banyak pantai indah yang dapat dinikmati, baik bersama keluarga, pasangan, maupun teman kerja," kata Daniel sapaan akrabnya, kepada NU Online Jatim, Ahad (08/05/2022). 


Sementara itu, Haji Jailani pemilik jasa sewa kuda, mengaku mendapatkan berkah saat momentum lebaran ketupat. Menurutnya, pendapatan selama lebaran kutupat meningkat drastis dari biasanya. 


"Kalau sebelum lebaran ketupat, biasanya mendapatkan Rp150 ribu hingga Rp200 ribu per hari, tapi kalau suasana lebaran ketupat dapat Rp600 ribu hingga jutaan," ungkapnya. 


Editor:

Jujugan Terbaru