• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 26 September 2022

Jujugan

Menikmati Sensasi Air Terjun Niagara Mini di Blawan Bondowoso

Menikmati Sensasi Air Terjun Niagara Mini di Blawan Bondowoso
Air terjun Blawan Bondowoso memiliki bentuk menyerupai Niagara Waterfall di Amerika. (Foto: NOJ/INews)
Air terjun Blawan Bondowoso memiliki bentuk menyerupai Niagara Waterfall di Amerika. (Foto: NOJ/INews)

Bondowoso, NU Online Jatim
Salah satu yang kerap dijadikan jujugan untuk mengusir penat adalah wisata air terjun. Dan di kawasan Bondowoso, ada destinasi tersebut dan bahkan diklaim sebagai air terjun Niagara mini. Keberadaannya bisa dijadikan sebagai alternatif wahana yang terletak di tengah desa kaki pegunungan Ijen.


Air terjun Blawan Bondowoso memiliki bentuk menyerupai Niagara Waterfall di Amerika. Dengan beragam inovasi, akhirnya warga sekitar mendesain kawasan tersebut sehingga layak dijadikan objek wisata. Selain memberikan hawa segar dan pesona keindahan desa, kucuran air yang jernih menjadi daya tarik tersendiri bagi air terjun Niagara mini versi kota tape ini.


Lokasi air terjun berada di Kampung Blawan, Kecamatan Ijen, Kabupaten Bondowoso. Hamparan rumput dan pohon lebat di sekitaran membuat kampung Blawan terus diselimuti hawa segar dan bersih. Pengunjung akan menemukan air terjun buatan yang mengalir indah tepat di tepi jalan kampung. Berdasarkan informasi, air terjun jernih yang mengalir dari sumber mata air gunung tersebut menuju ke pemukiman warga setempat.


"Kekhasan kawasan ini adalah air terjun berbentuk melebar yang berombak-ombak, sehingga tidak berlebihan kalau disebut air terjun Niagara mini," kata Irwan, salah seorang pengunjung.


Kampung Blawan merupakan kampung para pekerja PT Perkebunan Nusantara XII yang sehariannya bekerja di kebun kopi. Awalnya lokasi merupakan aliran air terjun yang tidak terawat, namun setelah dilakukan pembenahan, akhirnya menjadi kawasan yang indah.


Sebagai salah satu objek wisata di Bondowoso, kawasan wisata air terjun Niagara mini ini dapat menawarkan sensasi liburan yang nyaman bernuansa hawa pegunungan alam khas pedesaan. Sejuknya suasana alam pegunungan membuat pengunjung dapat betah berlama-lama menghabiskan waktu untuk berlibur.


Untuk harga tiket masuk air terjun Niagara Mini Bondowoso, pengunjung akan dikenakan biaya sebesar Rp5.000,- untuk setiap orang. Tiket masuk kawasan air terjun Blawan sewaktu-waktu dapat berubah sesuai dengan kebijakan pengelola setempat.


Selain air terjun mini Niaraga, di lokasi sekitar wisata Bodowoso yang satu ini juga dapat menemukan tempat kolam pemandian air biasa dan air panas. Pengunjung bisa memilih dan mengajak sanak keluarga dan rekan untuk berlibur bersama.


Air terjun Blawan lokasinya dekat dengan kawasan wisata Kawah Ijen. Bagi yang akan berkunjung, memerlukan waktu sekitar 2 jam dari pusat kota Bondowoso dengan mengikuti jalur yang ada di dalam Google Map dengan menggunakan kendaraan roda dua atau pun mobil.


Air terjun Niagara Mini Blawan Bondowoso salah satu objek wisata yang menawarkan pesona keindahan desa dan hawa pegunungan yang segar. Pengunjung dapat melakukan beragam aktivitas, mulai dari sekadar menikmati pemandangan, beristirahat ataupun berswafoto dengan latar pemandangan air terjun cantik dan alam pedesaan yang masih alami.


Dapat dikatakan, bahwa merapat sejenak di sini dapat menghilangkan beragam masalah yang sedang dihadapi. Demikian pula memupuk semangat baru dalam menapaki tantangan hidup berikutnya.


Editor:

Jujugan Terbaru