• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Minggu, 29 Mei 2022

Jujugan

Pesona Pantai Pacar di Tulungagung

Pesona Pantai Pacar di Tulungagung
Foto Gara Kardikasari untuk NU Online Jatim.
Foto Gara Kardikasari untuk NU Online Jatim.

Tulungagung, NU Online Jatim

Pacar adalah salah satu nama pantai yang berada di pesisir selatan Pulau Jawa, tepatnya di Desa/ Kecamatan Pucanglaban Kabupaten Tulungagung. Menurut masyarakat setempat, nama tersebut diambil karena dulu banyak sekali tumbuhan Balsaminaceae atau lebih dikenal dengan sebutan Bunga Pacar di pantai tersebut.

 

Pantai Pacar terbagi menjadi dua sisi. Pada sisi timur, terdapat hamparan pasir putih. Sedangkan di sisi barat, terdapat gundukan batu karang. Di antara kedua sisi, ada air terjun kecil dengan ketinggian sekitar tiga meter yang mengalirkan air dari tebing menuju bibir pantai.

 

Posisi pantai berada di bawah tebing, membuat pengunjung bisa menikmati bentangan laut Pantai Pacar dari atas. Posisi tersebut juga menjadikan pemandangan senja di Pantai Pacar semakin indah untuk dinikmati.

 

Pengelola Pantai Pacar menyediakan anak tangga yang instagramable dan aman bagi pengunjung apabila ingin turun dari tebing untuk menikmati kesejukan air terjun, bermain pasir dan air laut di sekitar pantai. Tidak perlu ke tengah laut, karena kadang ombak cukup besar.

 

Kondisi jalan menuju Pantai Pacar yang terjal penuh bebatuan memang cukup melelahkan. Setelah melihat keindahan Pacar, kelelahan itu akan terbayarkan. Apalagi hanya dengan harga tiket masuk Rp. 5000, pengunjung bisa menikmati pemandangan dan fasilitas tempat ibadah serta gazebo yang bersih dan nyaman secara gratis.

 

"Jalannya berkelok. Bikin deg-degan. Tapi setelah sampai pantai, juga masih deg-degan lihat view Pantai Pacar," kata Rosida Arfiani, salah satu wisatawan.

 

Posisi Pantai Pacar yang searah dengan Pantai Molang, dan dekat dengan Pantai Kedung Tumpang dan Pantai Lumbung menjadikan pantai ini cocok dijadikan jujukan untuk menambah spot foto.

 

 

"Semoga wisatawan yang datang menjaga kebersihan. Biar keindahannya tetap terjaga" tandasnya.

 

Meskipun namanya pacar, pihak pengelola tidak mengharuskan pengunjung pantai datang dengan pacarnya. Jadi, buat travelers yang jomblo, jangan ragu jadikan Pantai Pacar sebagai destinasi tujuan.


Editor:

Jujugan Terbaru