• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 30 Juni 2022

Kediri Raya

PCNU Se-Jatim Usung Isu Pemberdayaan di Munas-Konbes NU

PCNU Se-Jatim Usung Isu Pemberdayaan di Munas-Konbes NU
Rapat koordinasi PWNU dan PCNU se Jatim di Tulungagung. (Foto: NOJ/Saifullah)
Rapat koordinasi PWNU dan PCNU se Jatim di Tulungagung. (Foto: NOJ/Saifullah)

Tulungagung, NU Online Jatim

Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) se Jawa Timur telah menyampiakan aspirasinya untuk dibahas saat Musyawarah Nasional (Munas) Alim Ulama dan Konferensi Besar (Konbes) NU pada 25-26 September 2021 medatang. Aspirasi paling penting yang disampaikan PCNU melalui Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jatim adalah pemberdayaan dari berbagai aspek.

 

Aspirasi itu telah disampaikan PCNU saat rapat bersama pada Sabtu (18/09/2021) malam secara virtual. “Pemberdayaan berbagai aspek, seperti pemberdayaan ekonomi, pemberdayaan fasilitas kesehatan,” kata KH Abd Salam Shochib alias Gus Salam, Wakil Ketua PWNU Jatim, kepada NU Online Jatim, Ahad (19/09/2021).

 

Gus Salam mengungkapkan, PCNU se Jatim juga menginginkan gerakan sosial yang terstruktur dari NU dan harus menjangkau penerima manfaat lebih luas. “Aksi-aksi sosial yang tersistem dari NU harus terus konsisten dan semakin luas cakupannya,” ujarnya.

 

Gus Salam juga mengatakan bahwa PCNU se Jatim juga telah menyepakati mendukung usulan PWNU setempat tentang usulan waktu pelaksanaan muktamar ke-34 harus digelar tahun 2021. 

 

Adapun sejumlah aspirasi lain saat rapat PCNU se Jatim dengan PWNU, di antaranya, tentang pentingnya ditekankan kembali kemandirian NU supaya tidak hanya diperhitungkan dari segi kuantitas, melainkan juga kualitas dengan peran dalam kehidupan beragama dan berbangsa serta bernegara.

 

Kemudian, perlunya NU dalam rekomendasi muktamar ke-34 guna mengingatkan pemerintah untuk semakin memperkuat pembangunan bidang pendidikan dan sosial-ekonomi demi lompatan kemajuan bangsa.

 

Editor: Nur Faishal


Kediri Raya Terbaru