• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 30 Januari 2023

Kediri Raya

BPJS Tertarik Kerja Sama dengan PCNU Kota Kediri

BPJS Tertarik Kerja Sama dengan PCNU Kota Kediri
Kepala BPJS Kota Kediri saat bersilaturrahim ke PCNU setempat. (Foto: NOJ/AM)
Kepala BPJS Kota Kediri saat bersilaturrahim ke PCNU setempat. (Foto: NOJ/AM)

Kediri, NU Online Jatim

Kepala Cabang BPJS Kediri Suharno Abidin bersilaturrahim ke Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Kediri pada Senin (02/08/2021). Ditemui Ketua PCNU Kota Kediri Gus Abu Bakar, Suharno tertarik mengajak NU bekerja sama di bidang yang dikerjakan oleh lembaganya.

 

“Mungkin Kita bisa mencontoh kota dan Kabupaten Pasuruan untuk memfasilitasi keikutsertaan guru madin dan ponpes di keselamatan kerja dan jaminan kematian, bahkan bisa juga untuk dana pensiun dan hari tua,” kata Suharno.

 

Gus Ab menyambut baik ajakan itu. Kepada Suharno, ia menyampaikan bahwasa di NU terdapat pengurus cabang, lembaga, badan otonom mulai dari tingkat cabang sampai ranting atau kelurahan. Selain itu, NU Kota Kediri melalui Muslimat NU juga mengelola TK dan RA yang semuanya mempekerjakan masyarakat sebagai tenaga pendidik maupun kependidikan.

 

“Saat ini yang paling memungkinkan adalah TK/RA, madin serta TPA/TPQ yang punya guru dan tenaga kependidikan, selain elemen NU lainnya. Nanti rumuskan dulu hitung-hitungannya,” ungkap Gus Ab.

 

Sebagai gambaran, lanjut Gus Ab, gaji yang diterima oleh guru TPA/TPQ, Madin, TK dan RA biayanya di bawah upah minimum kota, sehingga butuh pemikiran lagi untuk memotong gaji mereka guna membayar BPJS Ketenagakerjaan.

 

Selain itu, tidak semua guru tersebut tertarik untuk mengikuti BPJS Ketenagakerjaan karena biasanya mereka menjadi guru hanya untuk mengabdi, sehingga semuanya diserahkan kepada Allah SWT.

 

“Butuh waktu untuk memberikan kesadaran kepada para guru terkait hal tersebut, tapi bukan berarti tidak mungkin. Kita akan coba formulasikan dengan Zakat Infaq dan Shodaqoh yang dikelola oleh NU Care – LAZISNU,” ujar Gus Ab.

 

Sementara itu, Sekretaris PCNU Kota Kediri Heri Susanto mengaku tertarik dengan program jaminan yang diberikan BPJS Ketenagakerjaan.

 

“Kalau seperti ini kayaknya hukumnya wajib bagi guru madin dan TK/RA untuk ikut. Kewajiban Kita (NU) untuk memberikan perlindungan kepada mereka,” katanya.

 

Editor: Nur Faishal


Kediri Raya Terbaru