• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 18 Agustus 2022

Kediri Raya

Cerita Komunitas Penyintas Covid-19 di Kediri Bantu Warga Isoman

Cerita Komunitas Penyintas Covid-19 di Kediri Bantu Warga Isoman
Ilustrasi warga yang isolasi mandiri. (Foto: NU Online)
Ilustrasi warga yang isolasi mandiri. (Foto: NU Online)

Kediri, NU Online Jatim

Pandemi Covid-19 yang berkepanjangan benar-benar membuat sejumlah sektor ‘lumpuh’. Belum lagi jumlah pasien Covid-19 yang terus bertambah setiap hari. Hingga beberapa dari mereka terpaksa harus isolasi mandiri (isoman) di rumah, mengingat rumah sakit atau unit kesehatan lain penuh.

 

Namun demikian, orang baik yang siap berderma selalu datang kapan saja. Meski tidak seberapa, setidaknya dapat mengurangi beban hidup yang menghimpitnya agar mereka lekas sembuh dan dapat beraktivitas seperti sedia kala.

 

Hal demikian seperti yang dilakukan oleh Relawan Penyintas Covid-19 di Kota Kediri. Sekumpulan orang yang sempat terkonfirmasi positif Covid-19 dan kini sudah sembuh ini membagikan nasi kotak kepada warga yang sedang menjalani isoman.

 

Koordinator Relawan Penyintas Covid-19 Kediri, Tri Wahyudi mengatakan, bahwa komunitas ini terbentuk atas kesamaan pengalaman pribadi para penyintas Covid-19. Mereka mengetahui bagaimana rasanya saat isolasi mandiri, karena pernah mengalami hal serupa di waktu lalu.

 

“Orang yang isoman itu mengalami banyak keterbatasan, dan sangat bergantung kepada pemerintah dan dermawan,” ujarnya dilansir bangsaonline.com, Senin (27/07/2021).

 

Oleh sebab itu, setelah dinyatakan sembuh, pihaknya bersama penyintas Covid-10 lainnya melakukan diskusi bagaimana cara agar bisa membantu warga yang isolasi mandiri. “Dengan misi tersebut, akhirnya terbentuklah komunitas ini,” katanya.

 

Menurut Tri, sejak mulai berdiri, dirinya bersama relawan lainnya sudah membagikan lebih kurang sebanyak 500 nasi kotak di 400 titik di Kota Kediri dan sebagian Kabupaten Kediri. Tentu, menyasar warga yang isoman.

 

"Kami memasak sendiri di dapur umum di Kelurahan Kaliombo, Kecamatan Kota Kediri. Sedangkan bahan-bahannya, selain dari para relawan juga datang dari para donatur," imbuhnya.

 

Sebelum nasi kotak disalurkan, terlebih dahulu pihaknya mendata warga yang isoman dan perlu bantuan.

 

“Jadi, pendistribusian yang kami lakukan sesuai data, bukan asal dibagikan. Hal tersebut agar tidak ada satupun warga isoman yang terlewati,” jelas Tri.

 

Sementara itu, Ketua RT 05 RW 01 Kelurahan Bangsal, Kecamatan Pesantren, Kota Kediri, Bambang Aji Wahono mengucapkan terima kasih atas bantuan yang diberikan oleh relawan penyintas Covid-19 kepada warganya yang sedang isolasi mandiri.

 

Bambang mengungkapkan, ada 13 warga di wilayahnya yang terkonfirmasi positif Covid-19. “Kebanyakan dari mereka tertular dari keluarganya yang kebetulan bekerja di sebuah rumah sakit di Kota Kediri,” pungkasnya.


Kediri Raya Terbaru