• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Selasa, 7 Februari 2023

Kediri Raya

Kejuaraan Pencak Silat Piala Ketua ISNU Kediri Diikuti 2.030 Atlet

Kejuaraan Pencak Silat Piala Ketua ISNU Kediri Diikuti 2.030 Atlet
Pembukaan kejuaraan pencak silat piala Ketua PC ISNU Kabupaten Kediri. (Foto: NOJ/ Imam Kusnin Ahmad)
Pembukaan kejuaraan pencak silat piala Ketua PC ISNU Kabupaten Kediri. (Foto: NOJ/ Imam Kusnin Ahmad)

Kediri, NU Online Jatim

Pimpinan Cabang (PC) Ikatan Sarjana Nahdlatul Ulama (ISNU) Kabupaten Kediri menggelar kejuaraan pencak silat mulai Jumat hingga Ahad (18-20/11/2022). Kejuaraan bertajuk Piala Ketua PC ISNU Kabupaten Kediri ini diikuti 2.030 atlet dari berbagai perwakilan sekolah tingkat SD hingga SMA dan perguraan pencak silat se Jawa Timur.


Kegiatan ini dilaksanakan di Gedung Serba Guna NU Kecamatan Gurah, Kabupaten Kediri. "Kejuaraan pencak silat ini merupakan kado istimewa dalam rangka hari lahir ISNU ke-23. Di samping itu, kejuaraan ini juga sebagai salah satu langkah membumikan ISNU,” ujar Ketua PC ISNU Kabupaten Kediri, Sholihuddin kepada NU Online Jatim.


Menurutnya, pencak silat merupakan seni bela diri adi luhung asli aset Nusantara yang sangat perlu dilestarikan, dipertahankan dan dikembangkan.


"Pencak Silat ini bela diri asli Indonesia dan sudah mendunia. Untuk itu perlu dirawat dan dikembangkan serta dipertahankan," katanya.


Lebih lanjut, ia mengatakan, kejuaraan ini juga berdampak positif pada ekonomi masyarakat sekitar. Banyak warga berjualan di sekitar lokasi acara. Hal ini membuktikan bahwa setiap mengadakan kegiatan dengan jumlah peserta yang banyak akan berpengaruh pada peningkatan ekonomi masyarakat.


“Jumlah 2.030 atlet itu tidak sedikit. Misalnya, satu atlet beli satu minuman, berarti ada Rp2000 minuman terbeli. Jumlah ini ditambah dengan pendamping atau official setiap atlet. Menurut kami acara ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan ekonomi warga,” tambahnya.


Untuk itu, ia berharap, para atlet nantinya dapat menampilkan kreatifitas dan kemampuan terbaik dalam mengikuti kejuaraan ini. Harapannya, akan lahir bibit muda berprestasi yang mampu mewakili di kejuaraan tingkat nasional maupun internasional.


“Pesan saya, agar para atlet tetap jaga kesehatan saat mengikuti kejuaraan ini. Jaga stamina yang kuat dan kondisi tubuh yang sehat,” pungkasnya.


Sementara itu, ketua panitia kejuaran pencak silat ini, Sayyid Ridlo mengatakan, kejuaraan ini sedianya hanya 500 kuota atlet. Tapi, antusias atlet yang ikut semakin banyak. Maka dibuka kembali pendaftaran peserta dengan kuota 800 atlet.


“Awalnya kuota 500 atlet saja. Ternyata yang menghubungi saya untuk ikut daftar tambah banyak. Dari 500 kuota, kita buka lagi 800 kuota, masih saja kurang. Akhirnya kita tutup pendaftaran diangka 2.030 peserta. Alhamdulillah, saya ucapkan terima kasih kepada semua pihak yang ikut berperan dalam acara ini,” kata Sayyid Ridlo.


Kejuaraan pencak silat ini dibuka Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) KH Mohamad Makmun atau Gus Makmun . Acara ini juga merupakan rangkaian Hari Santri Nasional (HSN) 2022 dan Harlah ISNU ke-23.


"Rangkaian kegiatan ini antara lain; khitanan massal, sarasehan, ISNU Edutalk dan Kejuaraan Pencak Silat ini," lanjut Sayyid Ridlo.


Sementara itu, Wakil Ketua Pimpinan Wilayah (PW) ISNU Jawa Timur, Muhammad Yasin mengapresiasi kegiatan ini.


“Luar biasa meski masih perdana, namun animo atlet yang mengikuti kejuaraan ini mencapai 2.030 lebih, ini cukup luar biasa . Ini merupakan wahana positif untuk aktualisasi potensi kader muda NU dan silaturahim antar pendekar dengan PC ISNU Kabupaten Kediri,” ungkap Yasin.


Ia berharap, panitia juga dapat meningkatkan kualitas manajemen pengelolaan event dan varian yang mendukung intelektualnya.


Penulis: Imam Kusnin Ahmad


Editor:

Kediri Raya Terbaru