• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 10 Desember 2022

Kediri Raya

LWPNU Tulungagung Terima Belasan Sertifikat Aset NU dari BPN

LWPNU Tulungagung Terima Belasan Sertifikat Aset NU dari BPN
Penyerahan sertifikat tanah wakaf aset NU oleh BPN Tulungagung. (Foto: NOJ/ Madchan Jazuli)
Penyerahan sertifikat tanah wakaf aset NU oleh BPN Tulungagung. (Foto: NOJ/ Madchan Jazuli)

Tulungagung, NU Online Jatim
Pengurus Cabang (PC) Lembaga Wakaf dan Pertanahan Nahdlatul Ulama (LWPNU) Kabupaten Tulungagung menerima 13 sertifikat tanah wakaf aset NU dari Badan Pertanahan Negara (BPN) setempat. Penyerahan dilakukan saat apel peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-62 Undang-undang Pokok Agraria (UUPA) di Pendopo Kongas Arum Kusumaning Bongso Kabupaten Tulungagung.


Ketua LWPNU Tulungagung, Lamuji menjelaskan, pihaknya terus bergerak jemput bola memberikan sosialisasi kepada Nahdliyin se Tulungagung untuk segera memproses wakaf tanah atas badan hukum NU.


"Ini bagian dari dakwah menyelamatkan aset-aset milik NU. Dengan menyelamatkan aset NU, secara otomatis juga menyelamatkan akidah, tradisi, dan amaliyah Nahdlatul Ulama," ungkapnya saat dikonfirmasi NU Online Jatim, Selasa (27/09/2022).


Pria yang juga sebagai Kepala Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Kalidawir ini berharap, dengan semakin mudahnya proses pengurusan wakaf maka semakin banyak warga NU yang terfasilitasi dalam pengurusan sertifkat wakaf.


“Karena setiap hari selalu ada berkas pengajuan (sertifikat wakaf) yang masuk ke Kantor Pertanahan Nasional,” ungkapnya.


Sebelumnya, pihaknya menargetkan sertifikasi tanah wakaf milik NU hingga 1.423 sertifikat. Hal itu dilakukan guna menyongsong usia satu abad Nahdlatul Ulama.


Sementara Kepala Kantor Pertanahan Tulungagung, Ferri Saragih menyambut baik progres yang dilakukan LWPNU Tulungagung dalam pengurusan sertifikat wakaf ini. Menurutnya, sertifikasi tanah wakaf Nahdlatul Ulama di Tulungagung sangat masif.


"Kami sangat mengapresiasi pro aktifnya NU dalam sertifikasi tanah wakaf, tentunya kami akan senantiasa membantu agar target ribuan sertifikat tanah wakaf selesai di tahun 2023 nanti,” tuturnya.


Penyerahan sertifikat tanah wakaf ini merupakan kelanjutan dari Memorandum of Understanding (MoU) antara NU dengan BPN Tulungagung. Sebelumnya, NU telah menerima 66 sertifikat tanah wakaf dan akan terus berlanjut hingga target tercapai tuntas.


Turut hadir dalam penyerahan sertifikat tanah wakaf tersebut Ketua Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Tulungagung KH Abdul Musthofa dan beberapa jajaran pengurus lainnya.


Kediri Raya Terbaru