• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Senin, 22 April 2024

Malang Raya

Punya Banyak Aset NU, Kampung Aswaja Dibentuk di Kota Malang

Punya Banyak Aset NU, Kampung Aswaja Dibentuk di Kota Malang
Sosialisasi pembentukan Kampung Aswaja oleh PC Muslimat NU di Kelurahan Kotalama, Kedungkandang, Kota Malang. (Foto: NOJ/ Siti Aisyah Rosadi)
Sosialisasi pembentukan Kampung Aswaja oleh PC Muslimat NU di Kelurahan Kotalama, Kedungkandang, Kota Malang. (Foto: NOJ/ Siti Aisyah Rosadi)

Malang, NU Online Jatim

Pimpinan Cabang (PC) Muslimat NU Kota Malang melakukan sosialisasi pembentukan Kampung Aswaja di Kelurahan Kotalama, Kecamatan Kedungkandang, Kota Malang, Sabtu (25/12/2021). 


Ketua PC Muslimat NU Kota Malang, Nyai Hj Mutammimah Hasyim menjelaskan, bahwa penobatan Kelurahan Kotalama sebagai Kampung Aswaja bukan tanpa alasan. Menurutnya, terdapat banyak aset organisasi ke-NU-an di kawasan ini dan digandrungi warga setempat.


"Organisasi NU yang menjadi aset besar di daerah ini karena adanya empat Pengurus Ranting Nahdlatul Ulama (PRNU), lima Pimpinan Ranting (PR) Muslimat NU dan Fatayat NU, serta masing-masing satu PR Gerakan Pemuda (GP) Ansor, Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU), dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU)," terangnya.


Selain itu, di kawasan ini banyak terdapat masjid dan mushala NU, serta sekolah di bawah naungan Lembaga Pendidikan (LP) Ma’arif NU, mulai dari taman kanak-kanak hingga sekolah menengah.


"Bukan hanya namanya saja yang Aswaja, melainkan ke depan akan ada sebuah konsep yang dibawa. Yakni sebuah lingkungan masyarakat yang damai, aktif, produktif, sehat, bersih, berpendidikan, dan Islami dengan nuansa amaliyah Ahlussunnah wal Jamaah," terangnya.


Ia menambahkan, bahwa ke depan akan banyak masyarakat dan generasi muda sekitar yang kian semangat untuk terus menjaga dan mempertahankan nilai-nilai Ahlussunnah wal Jamaah An-Nahdliyah.


“Tentu, hal tersebut dilakukan dengan tetap menjunjung nilai-nilai toleransi di tengah masyarakat yang majemuk,” ungkap istri mendiang Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) 2010-2015, KH Hasyim Muzadi itu.


Menurutnya, lokasi yang hendak disasar jadi Kampung Aswaja tersebut meliputi kawasan RW 01, RW 02, RW 03 dengan penyebaran wilayah di Jalan Kebalen Wetan, Jalan Laksana Martadinata, Jalan Kebalen Wetan, dan Jalan Zaenal Zakze. 


Sementara itu, Dewi Chamidah Hanafi selaku pengurus PC Muslimat NU Kota Malang juga menyampaikan, bahwa akan ada tiga program terkait dengan Kampung Aswaja.


"Yaitu, nilai keberagaman Aswaja yang diwujudkan dalam bentuk perilaku, organisasi di bawah koordinasi PC muslimat NU Kota Malang yang nanti  akan ada tim pelaksana teknis, serta sektor sosial yakni pendampingan dan pemberdayaan masyarakat," jelasnya.


Tidak hanya itu, Dosen Universitas Islam Negeri (UIN) Malang ini kemudian menunjukkan sebuah desain gapura Kampung Aswaja sebagai wujud simbolisasi.
 


"Gerbang masuk kampung ini nantinya akan ada gapura bertuliskan ‘Selamat Datang di Kampung Aswaja Kotalama PC Muslimat NU-Kota Malang’," pungkasnya.


Penulis: Siti Aisyah Rosadi 


Malang Raya Terbaru