• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 10 Desember 2022

Malang Raya

Festival Banjari Warnai Pra Konfercab NU Kota Malang

Festival Banjari Warnai Pra Konfercab NU Kota Malang
Pra-Konfercab NU Kota Malang dimeriahkan festival banjari. (Foto: NOJ/ Hilyatul Maknunah)
Pra-Konfercab NU Kota Malang dimeriahkan festival banjari. (Foto: NOJ/ Hilyatul Maknunah)

Malang, NU Online Jatim

Puluhan grup hadrah banjari se-Malang Raya beradu kemampuan dalam festival banjari yang dihelat oleh Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Malang. Kegiatan yang merupakan agenda Pra-Konfercab NU tersesebut dipusatkan di Kantor PCNU setempat, Ahad (12/12/2021).

 

Penanggung Jawab (PJ) perhelatan festival ini, Angga Arya Pramega menjelaskan, bahwa acara tersebut merupakan momen memperingati Hari Santri beberapa waktu lalu dan juga salah satu agenda Pra Konfercab NU Kota Malang yang akan digelar pada bulan Februari mendatang.

 

"Dari 45 kuota yang kami sediakan, tercatat 35 grup banjari menjadi peserta. Mereka berasal dari pesantren, komunitas atau majelis shalawat lainnya," kata Angga.

 

Menurut Angga, kegiatan ini merupakan yang pertama digelar oleh PCNU Kota Malang. Oleh karena itu, diperlukan persiapan yang maksimal.

 

"Sebelumnya tidak ada, baru tahun ini. Kami melakukan persiapan sejak satu bulan yang lalu dengan menyebarkan pamflet, dan dua pekan sebelum acara mulai eksekusi kebutuhan di lapangan," tambahnya.

 

Menurut Angga, festival merupakan upaya untuk memeriahkan dan mengenalkan kepada khalayak terkait hal-hal yang berkaitan dengan Konfercab NU, khususnya di Kota Malang.

 

"Selain itu pastinya juga untuk merajut silaturahim dan merangkul teman-teman yang punya bakat di banjari," pungkasnya.

 

Diketahui, berdasarkan keputusan dewan juri, terpilih sebagai juara sejumlah grup hadrah banjari. Di antaranya Grup Azzuhair sebagai Juara 1, Bismillhub Juara 2, dan Jabal Rahma Nurul Huda Juara 3. 

 

Sedangkan juara harapan diperoleh Grup El Mustaq sebagai Harapan 1, Aswatul Mughibbin Harapan 2, dan d Syubanul Wathon sebagai Harapan 3.

 

Editor: A Habiburrahman


Malang Raya Terbaru