• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Jumat, 1 Juli 2022

Kediri Raya

Pelajar NU Kediri Rilis Film Pendek Berjudul Ghirah di Era Metaverse

Pelajar NU Kediri Rilis Film Pendek Berjudul Ghirah di Era Metaverse
Tangkapan layar cuplikan film pendek karya IPNU-IPPNU Kandat, Kediri. (Foto: NOJ/ Pransiska Anggraeni)
Tangkapan layar cuplikan film pendek karya IPNU-IPPNU Kandat, Kediri. (Foto: NOJ/ Pransiska Anggraeni)

Kediri, NU Online Jatim
Pimpinan Anak Cabang (PAC) Ikatan Pelajar Nahdlatul Ulama (IPNU) dan Ikatan Pelajar Putri Nahdlatul Ulama (IPPNU) Kecamatan Kandat Kabupaten Kediri merilis karya film pendek dalam rangka memeriahkan Hari Lahir (Harlah) IPNU-IPPNU.
 

Film yang berjudul 'Ghirah di Era Metaverse' tersebut sebagai upaya pelajar NU Kandat dalam partisipasinya mengikuti ajang perlombaan yang diselenggarakan Pimpinan Cabang (PC) IPNU-IPPNU Kediri.
 

"Partisipasi ini merupakan upaya kami sebagai bentuk rasa semangat fastabiqul khairat, kegiatan ini juga bertujuan mendukung program pimpinan cabang," Kata Mohammad Anas Al-Faruqi, Ketua PAC IPNU Kandat kepada NU Online Jatim, Sabtu (19/03/2022).
 

Diceritakannya, konsep dalam film tersebut menggambarkan transformasi perkembangan IPNU-IPPNU dari masa tradisional hingga modern. Meski begitu, citra santri pada pelajar NU tetap terjaga agar memiliki benteng yang kuat dalam menepis disrubsi teknologi.
 

Disamping itu, Faruqy mengatakan, di era yang serba digital ini tentu akan menimbulkan dampak besar dalam peradaban manusia.  Perubahan tersebut bisa menjadi potensi sekaligus ancaman yang tentu menjadi fokus utama umat Islam di seluruh penjuru dunia. Hal tersebut menjadi alasannya dalam merilis karya film bertajuk ghirah di era metaverse.
 

"Saya mengutip pesan Gus Yahya bahwa disrupsi teknologi menghadirkan disrupsi pula pada organisasi, maka dari itu NU punya peran penting untuk merespons lompatan peradaban digital tersebut," ungkapnya.
 

Karena itu, dirinya mengajak untuk menjadi satu titik transformasi, mampu mengoptimalkan proses kaderisasi dan organisasi. Serta mampu menempati posisi strategis dan peran NU.
 

 

"Saya meyakini, kemajuan teknologi ini menjadi lahan strategis bagi IPNU IPPNU untuk terus berperan dalam revolusi peradaban," pungkasnya.


Editor:

Kediri Raya Terbaru