• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Sabtu, 3 Desember 2022

Kediri Raya

Puluhan Mahasiswa UNU Blitar Lolos Program Kampus Mengajar

Puluhan Mahasiswa UNU Blitar Lolos Program Kampus Mengajar
Pelaksanaan Program Kampus Mengajar di SD dan SMP se Kabupaten Blitar (Foto: NOJ/ Ika Nur Fitriani)
Pelaksanaan Program Kampus Mengajar di SD dan SMP se Kabupaten Blitar (Foto: NOJ/ Ika Nur Fitriani)

Blitar, NU Online Jatim

Sebanyak 25 mahasiswa Fakultas Ilmu Pendidikan dn Sosial (FIPS) Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Blitar lolos dalam salah satu program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka (MBKM)  yakni Kampus Mengajar Angkatan ke-4 tahun 2022. Mahasiswa tersebut ditugaskan di sekolah dasar dan menengah yang tersebar di wilayah Kabupaten Blitar.


Wakil Rektor UNU Blitar, Ardhi Sanwidi mengungkapkan, pihaknya sangat mengapresiasi dan mendukung mahasiswa yang terlibat dalam program dari pemerintah. Namun ada yang perlu diperhatikan, yaitu setelah adanya program harus  sesuai dengan kurikulum dan mata kuliah di program studi dan fakultas.


“Oleh sebab itu, sebelum mendaftar program MBKM, mahasiswa wajib berkonsultasi di prodinya masing-masing,” ungkapnya kepada NU Online Jatim, Jumat (04/08/2022).


Menurutnya, adanya program yang diadakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) ini sangat membantu kampus untuk meningkatkan kapasitas dan kompetensi mahasiswa. Sebab, mahasiswa bisa bertukar pengalaman dengan kampus lain.


“Sehingga mahasiswa mampu mengamalkan nilai Tri Dharma perguruan tinggi, yakni pengabdian masyarakat untuk memajukan wilayah, khususnya Kabupaten Blitar,” tuturnya.


Pihaknya berharap agar semakin banyak mahasiswa UNU Blitar yang ikut serta dalam program seperti MBKM ini. Selain kemampuan akademik, mahasiswa juga perlu melatih kemampuan non akademik dan kemampuan ini dapat diasah di luar kampus.


“Sehingga program ini sangat membantu mahasiswa untuk mendapatkan pengalaman baru,” katanya.


Dirinya berpesan kepada mahasiswa yang belum lolos agar tetap semangat. Menurutnya, masih banyak program yang bisa dicoba selain MBKM. Seperti mengikuti olimpiade, workshop atau ikut volunteer.


“Dan untuk mahasiswa yang lolos jangan lupa tetap jaga nama baik almamater, silakan cari pengalaman sebanyak-banyaknya. Baik dalam dunia usaha, dunia kerja atau di institusi lain,” pungkasnya.


Diketahui, selain program Kampus Mengajar ada juga yang lolos program Wirausaha Merdeka yakni mahasiswa dari Fakultas Eksakta UNU Blitar. Serta masih banyak mahasiswa yang sedang pengajuan program Magang Merdeka tahun 2022.


Editor:

Kediri Raya Terbaru