• logo nu online jatim
Home Metropolis Malang Raya Madura Tapal Kuda Kediri Raya Matraman Pantura Khutbah Keislaman Tokoh Rehat Jujugan Nusiana Opini Pendidikan Pemerintahan Parlemen Pustaka Video Risalah Redaksi NU Online Network
Kamis, 8 Desember 2022

Kediri Raya

Terbitkan Buku Yasin, Cara LTNNU Kota Blitar Jaga Amaliyah

Terbitkan Buku Yasin, Cara LTNNU Kota Blitar Jaga Amaliyah
Peluncuran Buku Yasin oleh PC LTNNU Kota Blitar. (Foto: NOJ/ Ahmad Murtafian Naja)
Peluncuran Buku Yasin oleh PC LTNNU Kota Blitar. (Foto: NOJ/ Ahmad Murtafian Naja)

Blitar, NU Online Jatim
Pengurus Cabang (PC) Lembaga Ta'lif wan-Nasyr Nahdlatul Ulama (LTNNU) Kota Blitar menerbitkan Buku Yasin. Buku untuk kelompok jamaah yasinan di Kota Blitar itu diluncurkan saat pengajian rutin Ahad Kliwon yang dipusatkan di Kantor Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Kota Blitar, Ahad (11/09/2022).


Ketua PCNU Kota Blitar, KH Habib Bawafi mengapresiasi penerbitan buku yasin yang telah dilakukan oleh LTNNU Kota Blitar. Ia berharap hal tersebut dapat bermanfaat bagi masyarakat, khususnya jamaah yasinan di Kota Blitar.


"Buku Yasin yang diterbitkan PCNU Kota Blitar ini sangat penting. Terima kasih tim LTNNU yang sudah mengerjakan proyek ini," katanya.


Sementara itu, Ketua LTNNU Kota Blitar Abdul Rois mengatakan, penerbitan buku yasin tersebut merupakan upaya untuk merawat dan menjaga amaliyah Ahlussunnah wal Jamaaah An-Nahdliyah.


"Alhamdulillah, buku yasin yang dikerjakan oleh tim LTNNU Kota Blitar telah rampung, termasuk telah melewati pentashihan dan siap didistribusikan," ungkapnya.


Dirinya menyampaikan, proses pengerjaan buku yasin ini kurang lebih memakan waktu selama setengah tahun atau enam bulan. “Saya sangat mengapresiasi kepada kawan-kawan di tengah kesibukan mereka dapat menyelesaikan karya pertama kita ini," lanjutnya.


Dijelaskan, muatan dalam buku yasin yang diluncurkan oleh LTNNU Kota Blitar tersebut tidak hanya berisi Surat Yasin saja, melainkan juga terdapat doa-doa dan amaliyah-amaliyah NU lainnya. Bahkan, disertai pula landasan hukum tentang amaliyah yang dikerjakan oleh Nahdliyin selama ini, seperti ziarah kubur dan lainnya.


"Landasan hukum ini penting agar masyarakat lebih paham mengenai amaliyah yang selama ini mereka kerjakan memiliki dasar yang kuat," tegas Rois.


Sebagai informasi, jumlah Buku Yasin yang diwakafkan pada gelombang satu ini sebanyak 1.389 buku. Buku Yasin tersebut nantinya akan disalurkan ke kelompok jamaah yasinan se-Kota Blitar oleh PCNU Kota Blitar.


Penulis: Ahmad Murtafian Naja


Kediri Raya Terbaru